Internasional

Pemerintah Indonesia-Belanda Komitmen Buka Peluang Kerjasama Pendidikan dan Penelitian

Surabaya (beritajatim.com) – Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Koordinator Badan Riset dan Inovasi menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Indonesia ke penelitian Belanda. Selain juga membuka peluang pendidikan serta kerjasama beasiswa.

Pernyataan itu disampaikan Bambang usai membuka WINNER. Menurut Bambang, WINNER adalah sebuah acara yang akan memberikan kesempatan untuk merefleksikan sejarah panjang kolaborasi Belanda-Indonesia. Selain itu, mengidentifikasi prioritas bersama, memperdalam hubungan antara kedua negara dan membentuk kolaborasi baru.

“WINNER menjadi sebuah momentum bagi kedua negara untuk dapat terus melakukan kerja sama di masa yang akan datang,” terang Bambang.

Sementara itu, Ingrid van Engelshoven Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda menyatakan komitmen pihaknya untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Belanda ke penelitian Indonesia. Pihaknya juga akan membuka kesempatan pendidikan serta kerjasama beasiswa untuk mahasiswa Indonesia di Belanda.

Ia menambahkan, pelaksanaan WINNER yang pertama ini akan memiliki fokus khusus tentang bagaimana Indonesia dan Belanda dapat belajar dan saling mendukung dalam kolaborasi sains dan pendidikan untuk mengatasi krisis Covid-19.

“Saya mengajak mahasisa untuk belajar bersama, bertukar pikiran bersama agar Belanda dan Indonesia dapat menjadi pemenang dalam persaingan global. Perkembangan pesat di Indonesia sangat mengesankan dan Kami (Belanda) ingin menjadi bagian dari perkembangan ini,” kata Ingrid.

Untuk diketahui, WINNER adalah acara rutin tahunan. WINNER 2020 kali ini merupakan yang pertama diselenggarakan, berlangsung 24 – 26 November 2020. Kegiatan ini diselenggarakan oleh NWO – KNAW – NUFFIC NESO Indonesia – LIPI – ALMI – Kedutaan Besar Belanda di Indonesia. [tok/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar