Internasional

Para Pakar WHO Selidiki Asal Mula Covid-19 di China

Bagian luar gedung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama pertemuan dewan eksekutif tentang pembaruan wabah corona, di Jenewa, Swiss, 6 Februari 2020. [Foto/REUTERS/Denis Balibouse]

Tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah tiba di China untuk menyiapkan penyelidikan tentang asal-usul pandemi Covid-19. Virus tersebut diyakini bermula pada hewan sebelum menular ke manusia. Covid pertama kali muncul di pasar grosir yang sudah ditutup di pusat kota Wuhan di China pada akhir tahun lalu.

Dua pakar WHO yang berbasis di Jenewa, spesialis kesehatan hewan dan epidemiologi, akan bertemu dengan rekan-rekannya dari China di Beijing untuk “membuat cakupan dan ketentuan” penyelidikan, kata Tarik Jašarević, juru bicara WHO.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai hewan inang untuk Covid-19 dan memastikan bagaimana penyakit itu menular antara hewan dan manusia,” kata Jašarević kepada VOA.

“Itulah sebabnya mengapa kita mengirim seorang ahli kesehatan hewan untuk melihat apakah virus menular dari spesies ke manusia dan dari spesies apa virus menular” kata juru bicara WHO Margaret Harris pada jumpa pers Jumat (10/7) di Jenewa.

“Kita tahu ini sangat mirip dengan virus pada kelelawar, tetapi apakah virus itu melalui spesies perantara? Ini adalah pertanyaan yang kita perlu jawab semua,” katanya. [VOA]





Apa Reaksi Anda?

Komentar