Internasional

Musim Haji, Masjidil Haram Disemprot 1.500 Liter Desinfektan Setiap Hari

Madinah (beritajatim.com) – Memasuki musim haji 2020, pemerintah Arab Saudi mempersiapkan 2,4 ribu liter cairan pembersih atau desinfektan untuk mensterilkan Masjidil Haram setiap harinya selama masa pandemi. Seperti diberitakan Zawya, Minggu (02/08/2020), setiap harinya, 1.500 liter cairan desinfektan itu disemprotkan untuk permukaan masjid dan 900 liter sisanya sebagai sterilisasi manual.

Tidak itu saja, 1.050 liter parfum mewah juga disemprotkan atas karpet dan sajadah. Menurut pejabat pemerintahan setempat, langkah itu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Selain itu, pemerintah juga telah mengerahkan lebih dari 3.500 pekerja pria dan wanita untuk membersihkan dan mensterilkan seluruh bangunan masjid suci setidaknya 10 kali setiap hari.

Sementara itu, WHO memuji Arab Saudi karena belum ada laporan kasus Covid-19 selama pelaksanaan haji 2020. “Langkah-langkah yang diambil oleh Arab Saudi selama ibadah haji memberikan contoh bagi negara-negara yang ingin kembali ke kehidupan normal dan beradaptasi dengan kondisi di bawah virus,” ujar Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus disadur dari Arab News.

Ghebreyesus juga memberikan selamat kepada umat muslim di seluruh dunia pada kesempatan Hari Raya Idul Adha tahun ini. Kementerian Kesehatan Arab Saudi hingga kini belum mengungkapkan adanya masalah kesehatan yang menyerang para jemaah, terutama gejala Covid-19.

“Sangat menenangkan, tidak ada kasus virus corona atau penyakit lain yang memengaruhi kesehatan masyarakat untuk dilaporkan,” kata Mohammed Al-Abd Al-Ali, dalam konferensi pers harian selama musim haji tahun ini. [kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar