Internasional

Wabah Virus Corona

Lockdown di India, Ribuan Buruh Migran Jalan Kaki Pulang Kampung

Buruh migran berjalan ke desa mereka selama lockdown di New Delhi, India, 29 Maret 2020. (Xinhua / Javed Dar)

New Delhi – Ketika India memulai penutupan selama 21 hari di seluruh negeri dalam upaya untuk menahan penyebaran COVID-19, ribuan pekerja termasuk perempuan dan anak-anak berusaha mati-matian untuk pulang ke rumah alias mudik.

Pengumuman lockdown wilayah India yang tiba-tiba telah membuat hidup mereka terhenti. Karena tidak ada pekerjaan yang tersedia dan penguncian ketat yang lazim di ibu kota akhirnya mereka bermigrasi kembali ke desa mereka. Karena tidak adanya angkutan umum yang menempuh jarak, mereka pulang ke rumah hanya dengan berjalan kaki.

Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal mengatakan pemerintah Uttar Pradesh dan pemerintah Delhi telah mengatur bus untuk para pekerja yang terdampar.

“Hampir 100 bus pemerintah Delhi dan hampir 200 bus pemerintah Uttar Pradesh mengangkut orang yang mencoba berjalan kaki,” kata Kejriwal dikutip dari Xinhua, Senin (30/3/2020).

“Saya masih mengimbau semua orang untuk tetap di tempat mereka dan mematuhi kuncian. Untuk melawan coronavirus, satu-satunya jalan keluar adalah tetap di dalam.(xinhua/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar