Internasional

Ledakan Besar Terjadi di Pusat Keramaian Istanbul Turki, 6 Tewas

Surabaya (beritajatim.com) – Sebuah ledakan besar yang terjadi di Istiklal Avenue, Istanbul, Turki pada Minggu (13/11). Istiklal merupakan daerah padat turis dan pejalan kaki populer di Istanbul.

Sejauh ini ledakan itu menewaskan 6 orang dan melukai puluhan orang. Pemerintah Turki bahkan menuding ledakan itu sebagai aksi terorisme dan dilakukan oleh seseorang.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Wakil Presiden Fuat Oktay sebelumnya menyebut ‘seorang wanita’ bertanggung jawab atas ledakan itu.

Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag, menyebut seorang wanita terlihat duduk di salah satu bangku yang ada di lokasi selama lebih dari 40 menit dan meninggalkan area tersebut sebelum ledakan terjadi. Hal itu, sebut Bozdag, mengindikasikan sebuah bom yang dipasangi timer atau diledakkan dari jarak jauh.

Sebelumnya, Erdogan dalam konferensi pers juga menyebut ledakan itu ‘berbau seperti terorisme’. Dia menegaskan para pelakunya akan mendapatkan hukuman setimpal.

“Orang-orang kita bisa tenang bahwa para pelaku… akan dihukum sebagaimana mestinya,” tegas Erdogan sebelum terbang ke Bali untuk menghadiri KTT G20.

“Akan salah untuk mengatakan ini tidak diragukan lagi serangan teroris, tapi perkembangan awal dan informasi intelijen awal dari gubernur adalah itu berbau seperti terorisme,” cetusnya.

Saat ini pun dilaporkan bahwa kepolisian Istanbul telah menangkap satu tersangka yang diduga meninggalkan bom di area Istikal sebelum akhirnya terjadi ledakan yang menewaskan 6 orang dan melukai 81 lainnya. Namun tidak disebutkan lebih lanjut soal identitas dan dimana dia ditangkap. [adg/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar