Internasional

Latgab TNI AL – Amerika dalam Platex 2019 Resmi Ditutup

Sidoarjo (beritajatim.com) – Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) yang diwakili Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Pasmar 2 (Asrena Danpasmar 2) Kolonel Marinir Kakung Priambodo secara resmi menutup Latihan Bersama Marinir Indonesia – Amerika dalam Platoon Exchange (Platex) 2019 di Lapangan Futsal Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin (26/8/2019).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Paban Opstik Sops Pasmar 2 Letkol Mar Agus Setiadi, Dandenma Pasmar 2 Letkol Mar Andi Ichsan, Paban Srena Pasmar 2 Letkol Mar Syahrial, Pasintel Brigif 2 Mar Letkol Mar Beni Rahim, S. Sos, Paspers Brigif 2 Mar Letkol Mar Mujiburrahman, Dandenprov Pasmar 2 Letkol Laut (PM) Abdul Hanan, Dandenintel Pasmar 2 Letkol Mar Suprihatin, Danyonif 1 Mar Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, Letkol USMC Paik, Kapten USMC Alfarado, Dankima Brigif 2 Mar Mayor Marinir Juandi dan Para Perwira di jajaran Brigif 2 Mar.

Dalam amanatnya yang dibacakan Asrena Danpasmar 2, Komandan Korps Marinir mengatakan, selama dua puluh hari telah melaksanakan kegiatan latihan bersama Platoon Exchange (Platex) tahun 2019 di daerah latihan Marinir Karangtekok, hutan Selogiri Banyuwangi dan Markas Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo. “Kita bersyukur seluruh rangkaian kegiatan dan materi latihan yang disiapakan dapat terlaksana sesuai jadwal dan sasaran yang direncanakan dapat tercapai,” katannya.

Dankormar menyampaikan Latma Platex 2019, selain bertujuan untuk bertukar keahlian, kemampuan dan keterampilan dalam upaya peningkatan profesionalisme, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya. Yakni peningkatan hubungan persaudaraan antara Korps Marinir Indonesia dengan Korps Marinir Amerika/USMC (Marines Brotherhood).

“Dengan adanya hubungan yang baik ini, kerjasama militer bidang pertahanan akan dapat ditingkatkan dan dikembangkan di masa yang akan datang,” jelas Dankormar.

Orang nomor satu di Korps Marinir TNI AL itu mengharapkan kepada prajurit Korps Marinir TNI AL yang telah mengikuti latihan bersama Platoon Exchange tahun 2019, agar ilmu dan teori tentang taktik bertempur tingkat peleton, kemampuan menembak tepat dan reaksi, kemahiran membaca medan, praktek pelaksanaan operasi lainnya yang sudah diterima menjadi pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga sehingga dapat diaplikasikan dan dipertajam kembali di Satuan masing – masing guna mendukung tugas pokok satuan.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Amerika Serikat dalam hal ini Office of Defence Cooperation atas kerjasama dan dukungannya sehingga latihan bersama dapat terselenggara.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Markas Besar TNI AL yang telah ikut bersama-sama dalam mengkoordinasikan, merencanakan, dan menyiapkan latihan, sehingga pelaksanaan kegiatan dapat terselenggara dengan baik.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi – tingginya saya sampaikan kepada penyelenggara, para Instruktur dan seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan latihan bersama ini, sehingga latihan ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” paparnya.

Dankomar juga mengucapkan selamat jalan kepada Delegation of US Marforpac (USMC)/III Marine Expeditionary Force (MEF), semoga selamat kembali ke Satuan Induk, sampai bertemu lagi pada penyelenggaraan latihan bersama di masa yang akan datang.

Sementara itu, Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Komandan Satgas Latma Platex 2019 mengatakan, Delegasi USMC menyampaikan bahwa Korps Marinir Indonesia sangat profesional dalam melaksanakan kegiatan dan terbukti dari seluruh kegiatan dapat terlaksana dengan lancar dan sangat baik.

“Mereka juga menyampaikan bahwa Delegasi USMC berterima kasih atas profesionalisme dan keramahtamahan yang ditunjukkan Marinir Indonesia, mulai saat datang, melaksanakan kegiatan dan selesai kegiatan. USMC ingin lebih meningkatkan latihan bersama dan apa yang telah ditunjukkan dengan sangat baik akan dilaporkan kepada satuan atas,” pungkas Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar