Internasional

Konflik AS-Iran, Ini Seruan NATO

Sekjen NATO Jens Stoltenberg. [Foto/AP]

Sekjen NATO Jens Stoltenberg menyerukan kepada semua pihak agar menahan diri, seiring memuncaknya ketegangan antara Amerika dan Iran pasca pembunuhan pemimpin pasukan elit Iran oleh militer Amerika pekan lalu.

Stoltenberg hari Senin (6/1/2020) memimpin pembicaraan darurat antara para duta besar NATO di Brussels. Ia mengatakan 29 negara sekutu ‘’menyerukan untuk menahan diri dan deeskalasi. Tidak ada negara yang tertarik pada konflik baru.

Stoltenberg mengatakan anggota-anggota pakta itu menggarisbawahi “keprihatinan mereka sejak lama tentang aktivitas destabilisasi Iran di kawasan Timur Tengah yang lebih luas.”

Ia mengatakan sejumlah pejabat Amerika menjelaskan “alasan” di balik keputusan pemerintah Trump untuk membunuh Jenderal Qassem Soleimani, tetapi menolak merinci hal itu.

Ditanya tentang kekhawatiran NATO atas langkah unilateral Amerika itu, Stoltenberg hanya mengatakan bahwa serangan udara itu merupakan ‘keputusan Amerika.’ Sejauh ini Amerika merupakan anggota NATO yang paling besar dan yang paling berpengaruh. [VOA]





Apa Reaksi Anda?

Komentar