Internasional

Diberitakan Spekulasi Meninggal

Kim Jong Un Muncul Resmikan Pabrik Pupuk

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Foto: Yonhap News

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang dikabarkan sakit parah dan meninggal akibat penyakit yang dideritanya telah muncul kembali ke publik setelah 20 hari menghilang dari sorotan.

Kantor berita KCNA melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara itu memotong pita pada pembukaan pabrik pupuk Suncheon .

Ia menambahkan bahwa orang-orang di pabrik itu “bersorak sorai hore” ketika ia muncul pada hari Jumat.

Penampilan yang dilaporkan – yang pertama sejak acara di media pemerintah pada 12 April – datang di tengah spekulasi global atas kesehatannya.

Laporan terbaru dari media Korea Utara tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

Siaran KCNA hari itu mengatakan upacara peresmian Pabrik Pupuk Suncheon, yang menonjol sebagai basis produksi pupuk utama, diadakan pada tanggal 1 Mei, hari libur internasional para pekerja di seluruh dunia.

“Partai kami, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Republik Rakyat Demokratik Korut, dan kawan Kim Jong-un, pemimpin tertinggi angkatan bersenjata negara itu, menghadiri upacara.” kata siaran tersebut, Sabtu (3/5/2020).
Menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Kim didampingi oleh beberapa pejabat senior Korea Utara, termasuk saudara perempuannya Kim Yo Jong.

Pemimpin Korea Utara itu memotong pita di sebuah upacara di pabrik itu, di sebuah wilayah di utara Pyongyang, dan orang-orang yang menghadiri acara itu “Meledak dengan sorakan gemuruh ‘hore!’ untuk Pemimpin Tertinggi yang memimpin pawai semua orang untuk mencapai tujuan besar kemakmuran “, kata KCNA.(bbc/kcna/berbagai sumber)

Apa Reaksi Anda?

Komentar