Internasional

Istimewanya Lebaran di Ukraina, Dubes Yuddy Safari Idulfitri

Surabaya (beritajatim.com) – Lebaran merupakan hari kemenangan yang ditunggu oleh seluruh umat di seluruh dunia, termasuk di Ukraina. Meskipun persentase umat Muslim di negara ini hanya di kisaran 1-2 persen dari total 42 juta orang penduduknya, namun kemeriahan Hari Raya tetap dirasakan umat Islam di Ukraina.

Bagi umat Muslim yang berada di Ukraina merayakan lebaran tahun 2021 ini merupakan keistimewaan tersendiri.

Setidaknya, itulah yang dirasakan oleh Duta Besar RI di Kyiv, Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi yang pada hari mulia itu bersama segenap masyarakat Indonesia yang bermukim di Ukraina merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

Keistimewaan pertama adalah pengaruh iklim setempat. Lebaran tahun ini jatuh di penghujung musim semi menuju ke musim panas, sebuah rentang waktu peralihan dengan suhu udara yang nyaman.

Kedua, beberapa hari sebelum lebaran, pemerintah Ukraina melakukan pelonggaran karantina, sehingga umat Muslim dapat beribadah di masjid, meski tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Dubes Yuddy dengan melakukan Safari Idul Fitri untuk memperkuat silaturrahmi dengan kolega di kalangan komunitas Muslim.

Terdapat 2 mesjid besar di Kyiv, yaitu Mesjid Ar-Rahma dan mesjid Ar-Raid. Dubes Yuddy Chrisnandi bersama keluarga dan sebagian masyarakat Indonesia melakukan Salat Id di Masjid Ar-Rahma. Setelah itu Dubes Yuddy juga menyempatkan diri mengunjungi mesjid Ar-Raid untuk bersilaturrahmi dengan pengurus masjid.

Usai silaturrahmi dengan komunitas Muslim Ukraina, Dubes Yuddy dan istri, Ny Velly Elvira menggelar Halal Bihalal untuk masyarakat Indonesia di Ukraina. Acara yang berlangsung di Wisma Duta RI itu tersebut dihadiri oleh sekitar 60 anggota  masyarakat Indonesia dan keluarga.

Hadir pada acara ini, antara lain blogger populer Indonesia, Benni Sitanggang, WNI yang bermukim di Kota Ternopil, Ukraina yang sengaja jauh-jauh datang dari kotanya  untuk meliput acara lebaran di Kyiv.

Halal Bihalal ini menjadi kesempatan yang berharga bagi masyarakat Indonesia untuk bertukar sapa melepas rindu, dan saling memaafkan, serta memperkuat tali silaturrahmi setelah sebelumnya tidak dapat bepergian karena aturan karantina ketat yang diberlakukan pemerintah setempat.

Selain itu, jamuan makan siang yang dihidangkan khas ala Indonesia, juga menjadi pengobat rindu bagi mereka yang sudah lama tidak menikmati masakan nusantara.

Usai menjamu masyarakat Indonesia,  Dubes RI dijamu oleh Dubes Malaysia, Dato’ Raja Reza Raja Zaib Shah dan istri, memperkuat silaturahmi sebagai sesama muslim dari negara ASEAN. Tak lama setelah itu, Dubes RI kembali menjamu sejumlah mitra penting, kali ini para anggota Parlemen Ukraina yang menjadi anggota Badan Kerjasama Bilateral Antar Parlemen Ukraina-Indonesia, Artem Kunaiev dan Igor Kopytin.

Rangkaian kegiatan silaturrahmi ini merupakan upaya Dubes Yuddy untuk memperkuat jaringan persahabatan sesama Muslim sekaligus untuk memperkuat citra umat Islam Indonesia yang toleran, ramah dan cinta damai. (tok/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar