Internasional

IMF Bantah Klaim Amerika tentang Manipulasi Uang China

Washington (beritajatim.com) – Departemen Keuangan AS pada hari Senin (5/8/2019) menyebut Tiongkok sebagai manipulator mata uang untuk pertama kalinya sejak 1994.

Namun Dana Moneter Internasional melihat sedikit bukti bahwa bank sentral China telah sengaja mengurangi nilai mata uang negara. Posisi yang bertentangan dengan keputusan administrasi Trump minggu ini untuk menuduh Beijing memanipulasi yuan.

IMF mengatakan Jumat dalam tinjauan tahunannya terhadap ekonomi China bahwa yuan telah “secara umum stabil” terhadap mata uang lainnya. Ini menunjukkan bahwa ada sedikit intervensi oleh People’s Bank of China. Pelemahan yuan akan memberikan eksportir Cina keunggulan harga yang kompetitif atas rival asing.

Departemen Keuangan pada hari Senin menyebut Cina sebagai manipulator mata uang untuk pertama kalinya sejak 1994. Langkah itu, membalikkan keputusannya pada Mei untuk menjaga China dari daftar hitam, terjadi setelah bank sentral Beijing membiarkan yuan turun ke titik terendah dalam 11 tahun.

“Jelas, mereka memanipulasi mata uang mereka,” penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro seperti mengutip marketwatch.com.

Bank sentral China menetapkan nilai tukar setiap pagi dan memungkinkan yuan berfluktuasi 2% terhadap dolar pada siang hari. Bank sentral dapat membeli atau menjual mata uang, atau memesan bank komersial untuk melakukannya, untuk menjaga harga yuan tidak berayun terlalu luas.

Dalam membiarkan yuan merosot, bank sentral merespons realitas ekonomi. Ekonomi China melambat, sebagian karena Presiden Donald Trump telah mengenakan tarif impor senilai US$250 miliar dolar China, dan tekanan pasar menarik mata uang ke bawah.

Dua ekonomi terbesar dunia terkunci dalam perang tarif atas tuduhan AS bahwa China mencuri rahasia dagang dan memaksa perusahaan asing untuk menyerahkan teknologi sensitif. Dua belas putaran pembicaraan gagal mengakhiri kebuntuan, dan sebuah delegasi China diperkirakan di Washington bulan depan untuk melanjutkan negosiasi.

Tetapi Trump mengguncang pasar keuangan Jumat dengan mengatakan itu akan “baik-baik saja” dengan dia jika pembicaraan dibatalkan. Dow Jones Industrial Average turun 90,75, atau 0,3%, menjadi 26.287,44, dan Nasdaq turun 80,02, atau 1%, menjadi 7.959,14. [but]

Sumber: inilah.com

Apa Reaksi Anda?

Komentar