Internasional

Dubes Tiongkok: Ada 4000 Penerbangan ke ASEAN

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam kunjungan dan kuliah tamunya di FISIP Universitas Airlangga, Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN, Huang Xillian menyebutkan bahwa pada 2018, terdapat sekitar 4000 penerbangan yang beroperasi dari negara-negara di Asia Tenggara dan Tiongkok yang mengantarkan lebih 57 Juta kunjungan ke kedua belah pihak.

“Tiongkok adalah mitra strategis bagi ASEAN dan negara-negara besar di dunia sekarang,” kata Huang Xillian, Kamis (11/4/2019).

ASEAN dan Tiongkok memiliki hubungan yang sangat penting. Jumlah penerbangan tersebut sangatlah besar karena sebagai salah satu organisasi internasional, ASEAN memiliki pengaruh dan peran penting sebagai penggerak kawasan, tuturnya.

Dalam kuliah tamu yang ia berikan, ia juga menjelaskan hubungan antara Tiongkok dan ASEAN yang sudah banyak mengalami pencapaian. Menurutnya, keduanya baik ASEAN maupun Tiongkok telah sepakat untuk melaksanakan kerjasama berskala global dan internasional. Bagi Tiongkok, ASEAN adalah prioritas utama dalam agenda diplomatik Tiongkok hari ini. 

Ia juga menunjukan Cetak Biru (Blueprint) ASEAN and China Strategic Partnership 2030. Dalam cetak biru tersebut, Kerjasama ASEAN dan Tiongkok akan meliputi Mitra dalam kerjasama pembangunan, Mitra dalam perdamaian, Mitra untuk melaksanakan win-win cooperation, Mitra dalam pengembangan kemampuan wirausaha and inovasi, serta mitra dalam inklusivitas dan pembelajaran (juf/ted).

Apa Reaksi Anda?

Komentar