Internasional

Napak Tilas Keajaiban Dunia Islam di Afrika dan Timteng (1)

Al Kusin, Nama Kuburan Kuno Orang Mesir di Tengah Kota Cairo

Ini bukan masjid, tapi bangunan kuburan kuno bangsa Mesir sejak 10 Masehi. [Foto: Fim/bj.com]

Cairo (beritajatim.com) – Menjelang tutup tahun 2019 dan sampai awal 2020, wartawan senior dari Surabaya, Ferry Is Mirza, berkeliling ke sejumlah negara di Timur Tengah (Timteng) dan Afrika. Pak Fim–panggilan akrab Ferry Is Mirza–ingin melihat langsung keajaiban dunia Islam di Afrika dan Timteng. Mulai hari ini, Rabu (25/12/2019) malam waktu Indonesia Barat, Pak Fim melaporkan tour keliling Timteng dan Afrika yang dijalaninya untuk beritajatim. com. Berikut laporannya:

Komplek kuburan yang ada sejak tahun 10 Masehi itu beda dengan kuburan biasa. Pada umumnya kuburan dibuat ukuran paling luas 2 x 3 meter. Semisal kuburan warga Tionghoa atau umat Kristiani.

Nah, di Al Kusin itu, kuburan yang ada di tengah Kota Cairo, negara Mesir, kuburannya seperti rumah hunian. Luasnya berbagai ukuran. Yang paling kecil seperti bangunan RSS atau 70 meter persegi. Yang besar ukurannya di atas 100 meter persegi. Bahkan ada yang lebih luas lagi ukurannya dibanding ukuran rumah kategori sederhana di Indonesia.

Selain itu, secara fisik, bentuk bangunan kuburan itu didominasi ada bangunan menara bagai masjid dan terlihat mewah. Sehingga kalau orang tidak pernah datang ke Cairo, kemungkinan besar akan mengira bahwa kuburan itu bangunan rumah warga atau masjid.

Ferry Is Mirza (berkacamata dan berjaket) saat berada di Kota Cairo Mesir. [Foto: Fim/bj.com]
Mesir negeri yang dikenal tempat raja Firaun ini jadi obyek wisata dunia. Lantaran, memiliki satu dari tujuh keajaiban dunia, yaitu Piramid. Selain itu, negeri yang dilewati sungai terpanjang di dunia: Sungai Nil, juga memiliki berbagai peninggalan sejarah. Antara lain, Spink, Phaphirus jenis kertas tertua usia 2000 tahun dan museum asli raja Ramses yang dikenal sebagai Firaun.

Sebagai kota lama yang berusia ribuan tahun dengan tingkat peradaban sangat tinggi, Mesir jadi sasaran kunjungan wisatawan mancanegara. Penerimaan negara dari pariwisata cukup signifikan mendongkrak pertumbuhan perekonomian dan gross national product Mesir.

Data yang ada menyebutkan, tahun 2018 lalu jumlah kunjungan wisatawan ke Mesir dilaporkan sebesar 11.345.760 orang dan di tahun 2017 dengan 8.292.426 orang. Tahun 2010 menjadi rekor tertinggi jumlah wisatawan yang datang ke Mesir dengan jumlah 14.731.000 orang wisatawan. Tingginya wisatawan yang datang ke Mesir tersebut berdampak pada signifikannya penerimaan dari sektor ini kepada kas negara. Tahun 2018, tingkat penerimaan negara dari pariwisata mencapai USD 11,61 miliar dan tahun 2017 dengan 7,77 miliar. [fim/air/bersambung]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk