Internasional

5 Juta Warga India Positif Covid-19, Tertinggi Kedua di Dunia

New Delhi (beritajatim.com) – Otoritas India melaporkan bahwa total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya telah melampaui 5 juta. Total kematian akibat virus Corona sejauh ini mencapai sedikitnya 82 ribu orang.

Seperti dilansir Associated Press dan media lokal NDTV, Rabu (16/9/2020), Kementerian Kesehatan India melaporkan 90.123 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Dengan tambahan ini, maka total 5.020.359 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah India. Total kasus itu mencapai sekitar 0,35 persen dari total populasi di India yang mencapai nyaris 1,4 miliar jiwa.

Dengan total kasus tersebut, India menempati peringkat kedua untuk negara dengan total kasus Corona terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat (AS) yang sejauh ini melaporkan lebih dari 6,6 juta kasus. Diperkirakan bahwa India akan melampaui total kasus Corona di AS dalam beberapa pekan ke depan.

India diketahui mencetak rekor tertinggi untuk tambahan kasus harian pada 11 September lalu, dengan 97.570 kasus dalam sehari. Sepanjang bulan ini, India telah melaporkan tambahan 1 juta kasus Corona.

Kementerian Kesehatan India juga melaporkan 1.290 kematian dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, total kematian akibat Corona di India kini mencapai 82.066 orang, total kematian tertinggi ketiga di dunia, setelah AS dan Brasil.

Angka kematian akibat Corona di India sejauh ini mencapai 1,6 persen, lebih rendah dari angka kematian di AS dan Brasil yang mencapai rata-rata 3 persen. Namun para pakar memperingatkan jumlah kematian di India bisa bertambah dalam beberapa pekan ke depan, dengan pembatasan lockdown dilonggarkan.

Sementara itu, sejauh ini tercatat total 3.942.361 pasien Corona telah dinyatakan sembuh di India. Angka kesembuhan Corona di India semakin naik dan kini mencapai 78,28 persen.

India saat ini masih menangani 995.933 kasus aktif Corona di wilayahnya. Menteri Kesehatan India, Rajesh Bhushan, menyatakan hanya 6 persen pasien yang menggunakan bantuan tabung oksigen. Maharashtra menjadi wilayah yang terdampak Corona paling parah, dengan lebih dari 1 juta kasus tercatat di wilayah itu. [kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar