Hukum & Kriminal

Wow…Kurang dari 2 Bulan, Pria Ini Gelapkan 17 Mobil Rental

Bojonegoro (beritajatim.com) – Novian Henry Rahmawan (33), warga Desa Mojosari RT 09 RW 02 Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro ditangkap karena melakukan penipuan dan penggelapan mobil sebanyak 17 unit milik persewaan. Hebatnya, aksi itu dilakukan tidak lebih dari dua bulan.

Tersangka mulai mengawali aksinya dari Minggu 26 Januari 2020. Tersangka melakukan aksinya dengan modus menyewa mobil. Kali pertama, tersangka menyewa mobil rental milik pelapor Suprayitno warga Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Mobil tersebut disewa seharga Rp 200 ribu selama 24 jam. Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, tak kunjung dikembalikan. Saat ditagih korban, tersangka selalu mengelak. Selain kepada Suprayitno, tersangka juga sudah melakukan aksi penipuan kepada sembilan korban lain.

“Mobil-mobil itu setelah disewa, kemudian oleh dua tersangka yang masih buron, mencari orang yang mau gadai mobil tersebut. Setiap mobil digadai antara Rp 30 juta-Rp 50 juta,” ujar Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan, Sabtu (22/2/2020).

Kapolres Bojonegoro AKBP Budi Hendrawan mengimbau kepada pemilik rental lepas kunci agar lebih berhati-hati. Sebab, adanya kejadian penipuan dan penggelapan ini bisa menjadi pelajaran. Jika ada indikasi pelaku kejahatan, pihaknya berharap agar masyarakat segera melapor ke kepolisian.

Sementara tersangka Novian mengaku mobil-mobil rental itu ada yang disewa selama satu bulan sebesar Rp 6 juta. Rata-rata dia mengaku menyewa mobil dari korban yang sudah dikenal. Mobil rental itu bersama dengan dua orang pelaku lainnya digadai kepada perorangan. “Saya diiming-imingi uang oleh dua orang yang masih DPO,” ungkap tersangka. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar