Hukum & Kriminal

Warga Tambak Krian Amankan Pasutri Diduga BIN Gadungan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Warga RT 02 RW 01 Kelurahan Tambak Kecamatan Krian, Sidoarjo, beramai-ramai mengamankan pasutri dan menggiring ke balai desa setempat.

Pasutri itu adalah Setyo Prabowo (55) dan Suma’inah (54) warga Dusun Tengguli RT 03 RW 02 Desa Kajar Tengguli Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Keduanya diamankan lantaran diduga menipu warga bernama Fitri. Selain menipu, pasutri tersebut juga mengaku anggota BIN.

Iwan, salah satu tetangga korban menceritakan yang diduga ditipu oleh pasutri itu adalah Fitri, warga RT 02 Rw 01 Kelurahan Tambak Kecamatan Krian.

Modusnya, pasutri tersebut meminta sumbangan sebesar Rp. 150.000 dan berjanji akan diberi imbalan pengganti yang lebih besar. Dan korban saat itu langsung menyetujui permintaan kedua pelaku. “Korban seperti dihipnotis, antara sadar dan tidak memberikan uang itu,” kata Iwan, Rabu (22/7/2020).

Usai memberikan uang, korban merasa sadar, jika janji keduanya itu tak masuk akal. Korban Fitri merasa curiga dan menanyakan kebenaran, jika keduanya adalah anggota BIN.

Saat ditanya, pasutri tersebut merasa gugup, lantaran pelaku kelihatan gugup itu, Fitri langsung meminta tolong dan bilang ke tetangganya, jika ada anggota BIN gadungan. “Warga yang datang kemudian mengamankan keduanya dan dibawa ke Balai Desa Kajar Tengguli,” terangnya.

Di balai desa tersebut, keduanya, terutama Setyo, tetap mengaku sebagai anggota BIN serta menunjukkan kartu identitas Intelijen. Lantaran warga semakin banyak dan takut ada hal-hal yang tidak diinginkan, aparat desa menghubungi Polsek Krian. “Pasutri tersebut langsung diamankan di Polsek Krian,” ujar Iwan.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Krian Iptu Sigit mengatakan jika korban memang diamankan di Mapolsek Krian dan langsung diinterogasi.

Ternyata pembicaraan pelaku ngelantur dan diduga depresi karena di-PHK tempatnya bekerja. Kemarin malam langsung dibawa pulang keluarganya. “Keduanya kemarin langsung dijemput Kades dan Bhabinkamtibmas Kajar Tengguli diajak pulang,” pungkasnya. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar