Hukum & Kriminal

Dilatarbelakangi Status FB Bupati Lumajang

Warga Klakah Geruduk Kantor Camat Soal Jalur Karnaval

Lumajang (beritajatim.com) – Ribuan warga Kecamatan Klakah melakukan demo memprotes status facebook Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang melarang peserta karnaval HUT RI Ke 74 tahun memakai jalan Nasional, Jum’at (31/2019). Aksi warga dilakukan di kantor dan jalan depan kecamatan hingga menyebabkan kemacetan selama 1 Jam.

Warga membawa bendera merah putih dengan jalan kaki. Sejumlah poster dibentangkan berisi penolakan pelarangan jalan nasional dipakai jalur karnaval. “Lha wong karnaval sudah lama dilakukan disini, kok malah dilarang,” kata Sutam, salah seorang warga Klakah.

Menurut dia, keputusan bupati melalui akun medsos tidak bijak. Hanya mementingkan kepentingan pengguna jalan. “Dulu tidak ada protes mengenai kemacetan dikarena karnval,” paparnya.

Warga akan memblokade jalan bila rute jalur Karnaval mau diubah. Pasalnya, sudah menjadi tradisi lama bagi masyarakat Klakah dalam memeriahkan kemerdekaan Indonesia setiap tahunya.

Camat Klakah, Yoga saat ditemui warga di kantornya dan diminta menjelaskan terkait status Bupati Lumajang. Hanya bisa menunggu perintah dari atasnya. “Kalau saya pribadi silakan tetap dilaksanakan,” papar Yoga.

Mendapat jawaban pribadi Camat Klakah. Warga kemudian membubarkan diri dan memasang spanduk di pinggir jalan Klakah sebagai protes atas status medsos bupati. (har/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar