Hukum & Kriminal

Warga Jember Ini Edarkan Uang Dolar Amerika Palsu

Kabid Humas Podoa Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dan Direskrimum, Kombes Pitra Andrias Ratulangi saat pers release peredaran uang dollar Amerika palsu, Senin (6/1/2020).

Surabaya (beritajatim.com) – Terlibat dalam peredaran uang palsu, MY (53) warga Jember diamankan Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim. Dari hasil penangkapan ini, polisi berhasil menyita ribuan lembar uang palsu dalam pecahan 100 dollar Amerika, berjumlah 100.000 dollar Amerika.

Peredaran uang dollar palsu ini dibongkar pada 19 Desember 2019 lalu. Saat itu, MY hendak bertransaksi uang dollar Amerika palsu dengan seorang pembeli di sebuah hotel di Surabaya.

“Saat ditangkap MY sedang melakukan tranksaksi uang palsu dalam bentuk dollar,” ujar Direskrimum, Kombes Pitra Andrias Ratulangi, Senin (6/1/2020).

Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil menyita uang dollar yang apabila dikalkulasikan itu kira-kira Rp 1 miliar rupiah lebih.

Ketika diperiksa, MY mengaku ribuan lembar uang palsu dalam bentuk dollar Amerika tersebut, diperoleh dari rekannya berinisial ST. Yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh petugas kepolisian.

MY juga mengaku baru pertama kali ini mengedarkan uang palsu tersebut. Dengan modus, setiap 1 dollar Amerika palsu dijual seharga Rp 8000 kepada pembeli.

Atas aksinya itu, MY terancam hukuman 15 tahun penjara sesuai pasal 244 KUHP tentang tindak pidana pemalsuan uang. [uci/but]

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar