Hukum & Kriminal

Warga Bulak Banteng Nekat Gasak Kotak Amal Masjid

Tersangka Achmad Suha menunjukan barang bukti hasil curian uang kotak amal, saat diperiksa petugas di Polsek Kenjeran, Surabaya, belum lama ini.(istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Achmad Suha (40) warga Jalan Bulak Banteng meraskaan kerasnya hidup dan pukulan warga. Bagaimana tidak, selain memulung yang menjadi pekerjaan sehari-hari, ternyata ia juga mencuri. Bahkan AS ini nekat mencuri kotak amal Masjid Roudhotul Jannah, di Jalan Dukuh Bulak Banteng, Kenjeran, belum lama ini.

Tak tanggung-tanggung, menurut pengakuan AS ternyata ia sudah membobol empat kotak masjid. Saat beraksi, pelaku ditengarai sudah melakukan pengamatan. Saat melihat situasi masjid aman, Achmad Suha merangsak masuk. Kemudian ia membuka kotak penyimpanan uang dengan cara merusak gembok menggunakan linggis.

“Linggis yang pelaku bawa dari rumah ini adalah alat untuk mendongkrak gembok kotak. Selanjutnya pelaku menguras semua uang yang berjumlah Rp 180 ribu dan dimasukan ke tas ransel yang telah disiapkan pelaku,” kata Kapolsek Kenjeran Kompol Esti Setijah Oetami, Kamis (3/12/2020).

Apes bagi pelaku, saat keluar masjid, ada salah satu warga yang mengetahui. Merasa curiga dengan gerak-gerik pelaku, saksi tersebut mengamankan Achmad Suha. Warga yang curiga pun memeriksa tas bawaan pemuda itu.

Benar saja, saat diperiksa warga menemukan barang bukti sebuah linggis dan uang di tas pelaku. Dan setelah diinterogasi, dia mengakui perbuatan tersebut. “Kami mendapat informasi tersebut, anggota segera ke lokasi untuk melakukan pengembangan. Termasuk meminta keterangan kepada saksi mata,” katanya.

“Catatanya, pelaku pernah melakukan satu kali pencurian kotak amal di Musala Jalan Bulak Banteng Lor, dan dua kali di Musala Jalan Bulak Banteng. Terakhir mencuri uang kotak amal milik Masjid Roudhotul Jannah di Jalan Dukuh Bulak Banteng,” lanjut Kapolsek Kenjeran.

Sementara itu tersangka Achmad Suha mengaku terpaksa melakukan perbuatan karena terpepet ekonomi. “Kepepet karena butuh uang. Sudah empat kali mencuri,” katanya. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar