Hukum & Kriminal

Wanita Ini Pasang Foto Cantik di FB Kemudian Merampas HP

Pasutri pelaku perampasan saat jalani gelar perkara di Mapolsek Asemrowo, Surabaya, Senin (24/8/2020).(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Hati-hati jika mengenal wanita atau lelaki di Facebook. Terlebih jika akunnya adalah akun yang tak pernah menunjukkan stori foto dan status lengkap di profile. Seperti yang terjafi di Kota Surabaya, sepasang pasutri muda tergolong licik mencari korban yang hendak dirampas harta bendanya.

Bagaimana tidak, sang suami M Tohir (26) justru menyuruh istrinya Dinia Arie (21) yang cantik mencari kenalan lelaki di FB warga Jalan Setro Baru Utara VIII

Usai mengenal satu sama lain, tanpa butuh waktu lama mereka pun mengajak ketemuan lelaki yang bakal jadi korban. Rencana ini pun dibuat matang oleh kedua pelaku agar seolah-olah korban tak curiga akan ajakan sang istri pelaku ini dengan modus memasang foto wajah wanita cantik di Facebook (FB), pasangan suami istri (pasutri) siri kompak merampas HP.

“Saya minta istri pasang foto cantik. Supaya lelaki ada yang mendekati dan mengajak kenalan di FB. Selanjutnya kita pancing ketemuan dan kita bikin skenario seakan-akan murni kriminalitas,” ujar M Tohir kepada jurnalis di Mapolsek Asemrowo, Surabaya, Senin (24/8/2020).

Usai merampas kedua korban yakni Refri Waloyo dan Fahmi Andriansyah, warga Sidoarjo, pelaku pun ditangkap dengan cepat.

“Saat diinterogasi, terungkap pasutri ini melakukan aksi kejahatan dibantu temannya Anam (28) yang kini masih diburu petugas,” jelas Kapolsek Asemrowo AKP Hary Kurniawan.

Sementara itu menurut Kanitreskrim Iptu Rizkika Atmada, tersangka Tohir ini residivis dan pernah ditangkap anggota reskrim atas kasus penjambretan. Dengan berbekal ciri-ciri pelaku, sehingga anggota tidak kesulitan menangkapnya.

“Tersangka ini mempunyai tahi lalat di keningnya,” ungkap Hary.

Kini kedua pelaku sudah diamankan dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Keduanya akan dijerat drngan pasal 365 KUHP tentang pencurian dan pemberatan. Meski berdalih uang hasil perampasan untuk sang istri yang hamil karena persiapan melahirkan. Petugas kepolisian akan tetap menindak kedua pelaku sampai pada penyerahan berkas di pengadilan nantinya. (man/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar