Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dijemput Paksa KPK

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin setelah dijemput paksa dan digelandang ke KPK. (suara.com)

Jakarta (beritajatim.com) – Tim KPK akhirnya menjemput paksa Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, malam ini. Terkait upaya  jemput paksa itu, Azis digelendang ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Berdasarkan pantauan Suara.com, Azis yang mengenakan batik warna cokelat tiba di KPK sekitar pukul 19.55 WIB. Tampak Azis dikawal ketat tim KPK saat digelandang ke gedung KPK. Tampak pula Azis mengenakan masker.

Azis tiba tanpa mengeluarkan pernyataan apapun dan langsung menuju ke ruang pemeriksaan.

Sebelumnya, beredar informasi, Azis telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Lampung Tengah.

Beredarnya kabar itu, bersamaan dengan KPK yang sedang mengusut dugaan kasus korupsi di Kabupaten Lampung Tengah, yang saat ini perkaranya telah memasuki tahap penyidikan.

Apalagi, KPK sudah melakukan tahapan pemeriksaan sejumlah saksi di Jakarta, Bandung, Tangerang serta Lampung.

Dikonfirmasi mengenai status tersangka Azis, Ketua KPK Firli Bahuri menyebut, hanya mengonfirmasi akan melakukan pemanggilan terhadap Azis. Namun, dia tidak menegaskan, jika Azis sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Hari ini KPK benar memanggil dan memeriksa Sdr. AZ (Azis Syamsuddin, red) untuk dimintai keterangannya,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (24/9/2021).

Ali menyebut, sebelumnya KPK telah menerima surat permintaan penundaan jadwal pemeriksaannya, karena yang bersangkutan sedang menjalani isoman setelah mengaku berinteraksi dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid-19.

Ali berharap kondisi Azis baik sehingga memungkinkan untuk bisa memenuhi panggilan KPK. “Kami mengingatkan yang bersangkutan kooperatif agar proses hukum penanganan perkara ini *tidak berlarut-larut,” tegas Ali.

Menurut Ali, higga kini KPK masih terus fokus mengumpulkan bukti dan keterangan dari para pihak yang kami yakini dapat membuat konstruksi perkara ini semakin terang. (hen/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar