Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Wabup Bojonegoro Sudah ‘Endus’ Ketidaksesuaian Pembangunan Pasar Hewan

Wabup Bojonegoro Budi Irawanto saat melakukan sidak pembangunan pasar hewan di Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto sudah pernah melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait dengan pembangunan pasar hewan di Desa Kedungbondo Kecamatan Balen yang saat ini sedang diselidiki oleh Polda Jatim karena adanya dugaan tindak pidana korupsi.

Budi Irawanto yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tahun 2022 itu sudah mengendus adanya ketidaksesuaian dalam proses perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan pasar hewan tersebut.

“Di lapangan banyak temuan, bangunan yang tidak sesuai spesifikasi dari pengakuan pedagang sapi. Sehingga tidak maksimal dalam pemanfaatannya,” ujarnya, Senin (7/3/2022).

Pihaknya juga sudah memberikan rekomendasi dari hasil temuan sidak yang dilakukannya kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi yakni Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro. Selain itu, dengan pagu anggaran yang besar maka APH juga perlu menindaklanjuti hal itu.

“Dinas perdagangan sendiri secara perencanaan juga amburadul dan tidak sesuai dengan kebutuhan pedagang sapi, sehingga perlu diperbaiki,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Mas Wawan, sapaan akrab Budi Irawanto, saat melakukan sidak mengaku banyak pedagang yang setengahnya protes tidak mau menjual sapi di pasar karena fasilitas di pasar hewan itu tidak sesuai. Seperti diantaranya baduk (akses naik turunnya sapi) terlalu tinggi, besi pembatas terlalu kecil, fasilitas pendukung seperti ketersediaan air bersih di kamar mandi kurang.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim melayangkan surat pemanggilan terhadap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro untuk dimintai keterangan dan data atau dokumen terkait dugaan korupsi pembangunan pasar hewan tahun anggaran 2021.

Sumber anggaran pembangunan pasar hewan di Jalan Raya Bojonegoro – Surabaya tepatnya Desa Kedungbondo Kecamatan Balen tersebut dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro Tahun Anggaran 2021 dengan pagu Rp4,8 miliar dan dimenangkan oleh PT Permata Anugerah Yala Persada yang beralamat di jalan Gayungsari Barat No. 91 lantai 1 Surabaya. [lus/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar