Hukum & Kriminal

Viral Video WNA Diduga Hipnotis Penjaga Mini Market di Banyuwangi

Aksi pelaku yang terekam kamera CCTV

Banyuwangi (beritajatim.com) – Aksi pencurian uang di mini market terjadi di depan Kampus Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi), Jalan Raya Jember KM 13, Kecamatan Kabat. Aksi tersebut dilakukan oleh dua orang pria Warga Negara Asing (WNA).

Aksi keduanya, sempat terekam kamera CCTV di dalam toko modern itu. Diduga mereka melancarkan aksinya dengan cara menghipnotis sang penjaga toko. Hingga, uang di kasir toko raib digasak pelaku.

“Mereka datang pada Minggu (18/8/2019). Saat saya dan teman saya sedang shift jaga toko. Saat itu, dua orang WNA masuk dan langsung memilih-milih barang yang akan di beli. Sementara satu lagi langsung masuk ke dalam toko dan mengajak teman saya untuk menunjukkan baju koko dan sarung,” kata Lisa Fahlevi, korban saat kejadian, Selasa (20/8/2019).

Lisa menjelaskan ciri dua orang tersebut. Menurutnya, satu berwajah bule dan satunya seperti orang Arab. “Yang wajahnya kayak orang Arab itu membeli dan membayar,” katanya.

Diduga, pria berwajah Timur Tengah inilah yang menjadi dalangnya. Ia berusaha mengelabuhi kasir yang sedang menghitung uang.

“Saat membayar itulah tiba-tiba tidak sadar, dia meminta untuk menukar uang. Entah kenapa kok saya nurut ngeluarin duit di laci. Padahal yang itu untuk membayar barang lain. Saya seperti dihipnotis gitu. Uangnya sekitar Rp 3 juta,” katanya.

Icha baru menyadari uang di dalam laci berkurang setelah dua WNA tersebut sudah pergi. “Baru setelah orangnya pergi saya baru sadar. Setelah dilihat di rekaman kamera saya baru sadar aksi bule itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Wahyu karyawan lainnya mengaku tak menyangka dua orang yang diduga WNA itu melakukan aksi pencurian. Pasalnya, seperti pembeli lain saat datang juga diberikan pelayanan seperti biasa.

“Pembeli yang satu minta ditunjukkan tempat sarung dan baju koko. Karena selalu ditanya saya tidak mengamati aksi pelaku di kasir. Baru setelah mereka keluar itu ya kita semua baru sadar,” terangnya.

Namun, aksi keduanya terekam kamera pengintai. Bahkan, rekaman kamera aksi keduanya viral di media sosial. Hingga saat ini aksi pencurian tersebut masih dalam penyelidikan dari pihak kepolisian. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar