Hukum & Kriminal

Dugaan Kasus Kosmetik Palsu

Via Vallen Tak Datang ke Pengadilan, Jaksa Kecewa

Surabaya (beritajatim.com) – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Winarko mengaku kecewa karena dua saksi dalam perkara kosmetik ilegal dengan terdakwa Karina Indah Lestari tak datang. Kedua saksi tersebut adalah Nella Kharisma dan Via Vallen. Ketidakhadiran dua saksi ini membuat persidangan akhirnya batal digelar.

Untuk saksi Nella Kharisma pada sidang sebelumnya sudah datang, walaupun tidak jadi sidang karena hakim sidang tipikor.

“Saya hanya menyayangkan kenapa Via Vallen itu tidak datang. tapi mudah-mudahan minggu depan Via bisa datang. Kalau tidak datang lagi mungkin majelis hakim mengeluarkan penetapan untuk panggil Via agar datang. Dan kami akan laksanakan pemnaggilannya tapi insya Allah minggu depan akan hadir semuanya,” terangnya, Senin (29/7/2019).

Untuk diketahui, Polda Jatim mengamankan seorang tersangka pelaku pembuat kosmetik illegal beromzet ratusan juta per bulan yakni Karina Indah Lestari.

Kosmetik yang mengendorse beberapa artis dangdut terkenal tersebut, tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tak hanya ilegal, bahan yang digunakan untuk kosmetik ini merupakan campuran dari sejumlah merek terkenal. Antara lain, Marcks Beauty Powder, Mustika Ratu, Sabun Papaya, Viva Lotion, Vasseline hingga Salep Sriti.

Dalam kasus ini, tersangka dijerat Pasal 197 jo Pasal 106 ayat (1) UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1,5 miliar. [uci/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar