Hukum & Kriminal

Usai Pembaretan, Bintara Remaja Sat Brimob Polda Jatim Ikuti Sarasehan di Pusat Kerajaan Majapahit

Kapolda Jatim, Irjen Muhammad Fadil Imran dalam acara Sarasehan Pemulihan Nilai Tri Brata dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74 di Pendopo Agung Trowulan. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sarasehan Pemulihan Nilai Tri Brata dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74 Polda Jawa Timur di Pendopo Agung di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Sarasehan tersebut mengambil tema ‘Dengan Nilai-nilai Kaluhuran Bhayangkara Kita Wujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif’.

Kapolda Jatim, Irjen Muhammad Fadil Imran mengatakan, acara tersebut merupakan rangkaian HUT Bhayangkara ke-17 Sarasehan Nilai-nilai Luhur Tri Brata dari keluruhan pasukan bhayangkara pada jaman kerajaan Majapahit. “Kita sengaja memilih lokasi di Trowulan,” ungkapnya, Rabu (24/6/2020).

Karena Trowulan, lanjut Kapolda, merupakan pusat kerajaan Majapahit. Peserta dalam sarasehan tersebut yakni perwira pertama sekitar 80 orang, Brimob 50 orang, seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda dan kapolres di wilayah Mojokerto. Selain napak tilas, juga digelar bakti sosial memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar wilayah Trowulan.

“Sarasehan ini untuk menggali nilai-nilai pasukan Bhayangkara yang tugasnya melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat serta menggali nilai-nilai kesetiaan. Dengan berpegang janji pada Gajah Mada, salah satunya Satya Haprabu, yakni setia kepada negara dan pimpinannya,” katanya.

Sebelumnya, para peserta sebanyak 50 bintara remaja yang bergabung dalam angkatan 93 satuan Brimob Polda Jatim menjalani tradisi pembaretan di Candi Tikus, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Prosesi pembaretan sendiri dimulai dari pelatihan Brimob di Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang pada, Selasa (23/6/2020) kemarin.

Menempuh jarak 11 km, para peserta menuju Candi Arimbi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten dan Wana Wisata Pinus. Napak tilas dilanjut ke Lebak Jabung, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto dengan jarak tempuh 12 km yang kemudian dilanjutkan berjalan kaki dari Candi Tikus ke Candi Bajang Ratu di Desa Temon.

Dalam rombongan juga ada seluruh PJU Polda Jawa Timur yang berjalan kaki ke Candi Tikus. Di Candi Bajang Ratu bersama Kapolda Jatim, Irjen Muhammad Fadil Imran kembali berjalan kaki menuju Pendopo Agung di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Di Pendopo Agung, Kapolda Jawa Timur disambut para penari sebelum digelar Sarasehan Pemulihan Nilai Tri Brata dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74. Turut hadir Bupati Mojokerto dan Ketua DPRD Jatim. [tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar