Hukum & Kriminal

Usai Diperiksa, Camat Duduksampeyan Suropadi Ditahan

Camat Duduksampeyan Suropadi (kiri) ditahan di Rutan Banjarsari Cerme Gresik usai menjalani pemeriksaan

Gresik (beritajatim.com)- Usai menjalani pemeriksaan Camat Duduksampeyan Suropadi akhirnya resmi ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Tersangka Suropadi kini mendekam di rumah tahanan (Rutan) Banjarsari Cerme, Gresik.

Kasi Intel Kejari Gresik Dimaz Atmadi Brata menuturkan, Camat Suropadi ditahan karena yang bersangkutan telah ditetapkan menjadi tersangka. Dari hasil pemeriksaan selama lima jam. Suropadi juga telah merugikan negara sebesar Rp 1 miliar terkait dengan penyalahgunaan wewenang pengelolahan keuangan di Kecamatan Duduksampeyan.

“Pemanggilan terhadap tersangka sebenarnya sudah dilakukan sejak minggu lalu. Namun, yang bersangkutan baru hadir di Kantor Kejari Gresik hari ini setelah surat pemanggilan kedua dilayangkan,” tuturnya, Senin (15/02/2021).

Sebelum ditahan, Camat Suropadi datang di Kejari Gresik pukul 10.00 wib. Setelah itu, camat berkumis tebal itu masuk ke ruang pidsus guna menjalani pemeriksaan. “Tersangka Suropadi dijerat dengan pasal 2 dan pasal 3 UU Tindak Pidana Korupsi karena menyalahgunakan kewenangannya mengelolah keuangan di Kecamatan Duduksampeyan sejak tahun 2017 hingga 2019,” ungkap Dimaz.

Sementara itu penasihat hukum tersangka, Fajar Trilaksana Yulianto menyatakan kliennya sudah kooperatif dalam proses hukum yang dijalaninya. Meskipun, pihaknya juga mengakui sempat menunda kehadiran pada pemanggilan pertama.

“Kami sudah mempergunakan hak sebagai kuasa berdasarkan KUHAP, mengajukan surat permohonan untuk tidak ditahan/penangguhan penahanan akan tetapi tidak dikabulkan. Ya itu sepenuhnya kewenangan kejaksaan. Maka kami sangat menghormati proses hukum itu,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar