Hukum & Kriminal

Upah Pengedar Narkoba di Malang Bisa Pakai Sabu dan Ganja Sepuasnya

Malang (beritajatim.com) – Seorang pengedar narkoba jenis sabu-sabu dan ganja berinisial ES (42), warga Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, tertangkap tim Satuan Reserse Narkoba Polres Malang.

Diduga, ES adalah jaringan pengedar narkoba yang dikendalikan dari dalam Lapas Lowokwaru, Malang. “Diduga ES ini jaringan pengedar narkoba dalam LP Lowokwaru. Sejauh ini anggota kami masih menyelidiki, kita lidik apakah ES ini jaringan dalam Lapas tersebut,” ungkap Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Jumat (24/7/2020) sore saat kondrensi pers berlangsung.

Dari tangan ES, Polisi menyita barang bukti berupa ganja kering seberat 870 gram. Serta, sabu-sabu seberat 127 gram. Menurut Hendri, ES dibekuk saat berada disebuah rumah di kawasan Mangliawan, Pakis, pada hari Kamis (16/7/2020) lalu jam sembilan malam.

“Kemudian kita lakukan penggeledahan ke rumah kos istri sirih tersangka. Ditempat ini pelaku juga menyimpan ganja seberat 72 gram dan sabu-sabu sebanyak 18 gram,” tegasnya.

Hendri melanjutkan, dari rumah kos istri siri pelaku, petugas juga memvawa tersangka ke rumahnya di Blimbing. “Disini kita geledah lagi dan ditemukan tiga poket ganja sebanyak 774 gram. Termasuk kita dapati 12 poket sabu-sabu sebanyak 115 gram,” beber Hendri.

Sementara itu, ES berdalih jika dirinya baru satu bulan menjadi pengedar narkoba. Sebelumnya, ES mengaku bekerja pada sebuah proyek dan kontraktor. “Baru satu bulan ini. Kita ambil barang narkoba dengan sistem ranjau. Seluruh barang (Sabu dan Ganja-red) ini milik saudara Mewek pak. Saya Cuma diminta mengedarkan saja,” tutur ES.

ES mengaku selama menjadi pengedar narkoba ia tidak memperoleh bayaran. “Tidak ada bayarannya pak. Hanya dikasih ini, kalau mau pakai ganja atau sabu-sabu ya sepuasnya. Cuma itu bayarannya,” dalih ES yang mengaku punya dua istri dan lima orang anak ini.

Atas perbuatannya, ES dijerar Pasal 114 ayat 1 dan 2 UU Psikotropika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar