Hukum & Kriminal

Umar Fauzi Awali Puasa di Penjara

Jombang (beritajatim.com) – Muhammad Lukman Umar Fauzi (20), warga Dusun Mojoaranu, Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang, terpaksa menjalani awal puasa di balik penjara. Pasalnya, Umar tertankap basah oleh polisi saat mengedarkan pil koplo jenis dobel L.

“Yang bersngkutan langsung kita jebloskan ke penjara. Kasus ini merupakan hasil pengungkapan jajaran Polsek Mojoagung. Saat ini petugas sedang melakukan pengembangan guna membongkar jaringan di atasnya,” ujar Kasatreskoba Polres Jombang AKP Muhammad Mukid, Selasa (7/5/2019).

Selain membekuk Umar, korps berseragam coklat juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, satu klip plastik yang berisi 20 butir pil dobel L, HP Merk Xiomi warna putih, serta satu bungkus rokok yang berisi 10 butir pil dobel L.

Dia menjelaskan, penangkapan itu bermula pada Sabtu (5/5/2019), sekira Jam 21.35 WIB, di area parkir minimarket Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung. Di lokasi tersebut, petugas mengamankan saksi yang bernama Ikbal Maulana alias Gombal. Saat itu Gombal membawa pil koplo dan mengaku bahwa barang haram tersebut ia beli dari Umar Fauzi.

Selanjutnya, polisi memburu Umar. Walhasil, pada Senin (6/5/2019) sekitar pukul 02.00 WIB, Umar dapat dibekuk saat berada di Pasar Mojoagung. “Saat ini juga yang bersangkutan digelandang ke kantor polisi berikut barang bukti,” ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 196 UURI No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Pelaku dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standart. Dan atau tidak memenuhi persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar