Hukum & Kriminal

Tukang Becak Cerdik, Sabu Disimpan dalam Lipatan Sarung

Yuto Subrahmantyo

Surabaya(beritajatim.com) – Yuto Subrahmantyo (41) warga warga Jalan Sidokapasan V, Surabaya terlihat pasrah ketika Anggota Reskrim Polsek Tambaksari Surabaya memborgol kedua tangannya.

Pria yang keseharian sebagai tukang becak ini diamankan lantaran kedapatan membawa satu poket berisi sabu seberat 0,25 gram. “Tersangka dibekuk di dekat rumah kosnya Jalan Kalimas Hilir I, Surabaya,” kata Kanitreskrim Polsek Tambaksari Iptu Didik Ariawan, Jumat (1/2/2019).

Waktu dalam penangkapan tersangka cukup cerdik. Sebab sabu senilai Rp 100 ribu itu dibelinya dari seseorang bernama Sinal di Jalan Jatipurwo, Surabaya. Awalnya polisi hampir tak mendapatkan barang bukti. “Ketika digeledah dengan teliti ternyata sabu itu di simpan pada jahitan sarung. Makanya kami cukup kesulitan,” imbuh Didik.

Masih kata Didik, bahwa tersangka merupakan target operasi (TO), yang sudah lama diincar oleh anggotanya. Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan pengintaian terhadap tersangka namun tidak berhasil. Namun, setelah berusaha, petugas mendapati tersangka sedang mangkal di sekitar Jalan Kalimas Hilir.

“Tersangka berada di atas becaknya sedang menunggu penumpang. Tidak ingin kehilangan target, kami yang mendapati tersangka langsung melakukan penyergapan,” lanjut Didik.

Tersangka mengakui kalau sabu itu akan di konsumsi sendiri dengan alasan supaya waktu menarik becak tambah kuat. “Biar semangat ngayuh bercak katanya,” aku tersangka.

Meski demikian, polisi tidak begitu saja percaya terhadap pengakuan tersangka. Bisa jadi, tersangka yang notabene hanya bekerja sebagai tukang becak bisa rutin mengonsumsi narkoba itu, bisa menjadi kurir. “Ya kami masih dalami kasus itu. Mungkin saja jari kurir,” tandas Didik. [gil/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar