Hukum & Kriminal

Tren Kriminalitas Meningkat di Bangkalan, Curas, Curat dan Curanmor Mendominasi

foto/ilustrasi jambret

Bangkalan (beritajatim.com) – Tingkat kriminalitas di wilayah hukum Kabupaten Bangkalan terus meningkat seiring merebaknya pandemi Covid-19. Dari berbagai kasus yang diungkap, kejahatan didominasi dari kasus Curat, Curas dan Curanmor (3C).

Hal ini disampaikan oleh Kasatreskrim Polres Bangkalan, AKP Agus Sobarnapraja. Ia mengatakan, tren kriminalitas di Bangkalan cukup meningkat pada masa pandemi ini. “Dari bulan Maret ke April, kejahatan meningkat 19 persen,” ucapnya, Kamis (7/5/2020).

Dikatakan, kasus kriminalitas bulan Maret sebanyak 43 kasus dengan dominasi kasus 3C sebanyak 28 kasus. Sementara, di bulan April tren kejahatan naik sebanyak 62 kasus dengan jumlah kasus 3C sebanyak 39 kasus.

Dari sekian kriminalitas yang terjadi, Satreskrim Polres Bangkalan, berhasil menangkap 6 pelaku 3C, dengan 2 kasus Curas serta 4 kasus Curat dan Curanmor. Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil melumpuhkan empat pelaku karena melakukan perlawanan pada petugas.

“Dari keterangan para pelaku, mereka telag beraksi di 14 TKP dan ada empat pelaku yang kami lumpuhkan, sesuai dengan prosedur kami beri tindakan tegas terukur karena melawan saat diringkus,” lanjutnya.

Meski meningkat di dua bulan tersebut, pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah dipengaruhi oleh menurunnya perekonomian pada masa pandemi atau faktor dibebaskannya napi dengan proses asimilasi beberapa waktu yang lalu. “Kalau kebutuhan ekonomi pasti, tapi sementara yang kita tangkap belum kami temukan pelaku berasal dari asimilasi kemarin,” tandasnya.[sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar