Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Toleransi Janur Kuning, Edukasi Tertib Berlalulintas Ala Satlantas Polres Ponorogo

Sejumlah anak muda pelanggar lalu lintas, kendaraannnya diberi tanda janur kuning. (Foto/Satlantas Polres Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada hal berbeda dalam operasi Ketupat Semeru 2022 yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Ponorogo. Jika selama ini pelanggar lalu lintas dikenakan penindakan atau tilang, kali ini dirubah jadi edukasi. Ya, mereka yang melanggar dilakukan pembinaan. Setelah selesai diedukasi, kendaraan pelanggar tersebut ditandai dengan dipasang janur kuning.

“Pemberian janur kuning itu sebagai tanda bahwa pelanggar ini pernah dilakukan edukasi,” kata Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Ayip Rizal, SelasaSelasa (26/4/2022).

Dengan tanda janur kuning di kendaraannya itu, diharapkan pelanggar dihimbau untuk tidak melakukan pelanggaran lagi. Jika melanggar lagi, pastinya akan ditindak. Namun, tidak adanya penindakan tilang dan diganti edukasi itu, terkecuali untuk kasus-kasus pelanggaran lalu lintas yang bisa berdampak kecelakaan lalu lintas, sepeda motor dengan knalpot brong dan balap liar.

“Penindakan dengan edukasi yang diberi tanda janur kuning ini berlaku hanya di operasi kupat semeru. Namun, untuk pelanggaran yang berdampak laka, knalpot brong dan balap liar tetap dilakukan penindakan tilang,” katanya.

Dari data terbaru dari Satlantas Polres Ponorogo, tercatat sudah ada 46 kendaraan yang sudah diberi tanda janur kuning. Kebanyakan didominasi oleh pelanggaran helm. Ayip menuturkan bahwa pemberian janur kuning adalah inovasi dari ditlantas Polda Jatim dalam menyambut pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022 mulai tanggal 29 April sampai 9 Mei 2022. “Kami akan menyematkan janur kuning di kendaraan para pelanggar. Fungsinya untuk mengingatkan para pengendara atas tindakannya,” ujar mantan atlet bola voli nasional tersebut.

Ayip menambahkan operasi ini sebagai bentuk kehadiran polisi di tengah masyarakat yang sedang mudik, sebagai bentuk interaksi positif petugas dengan pemudik dalam hal tertib berlalulintas. “Pemudik yang melihat adanya pemasangan janur kuning pada kendaraan lain, juga bisa lebih waspada terhadap pengemudi kendaraan tersebut,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar