Hukum & Kriminal

Toko Buku Manyar Jaya Dibobol Maling, Pelaku Kabur Lewat Atap

Pemilik Toko Buku Manyar Jaya saat menunjukkan pencurian yang terjadi di toko miliknya, Minggu (16/5/2021). [Foto/Manik Priyo Prabowo]

Surabaya (beritajatim.com) – Sejumlah orang diduga melakukan pencurian di Toko Buku Manyar Jaya, Jalan Manyar, Gubeng, Surabaya, Minggu (16/5/2021). Pencurian ini terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Dalam aksinya, pelaku yang diduga lebih dari satu orang ini masuk toko melalui pagar di lantai dua yang terbuka.

Rahmat (39) pemilik toko menjelaskan, awalnya dia dihubungi sang adik yang tetiba ingin melihat tokonya. Betapa mengejutkan, adik lelakinya ini melihat kasir penyimpanan uang terbuka dan plastik penutup berserakan.

“Usai adik saya melihat ruang kasir yang acak-acakan, dia kemudian menghubungi saya. Selanjutnya dia dan saya keliling toko mengecek ke lantai dua di kasir dua. Kasir dua juga terbuka tapi uang masih utuh. Mungkin pencuri masih di dalam saat adik saya tiba,” jelasnya kepada beritajatim.com di lokasi mejadian.

Karena menduga pencuri masih ada di lokasi, lanjut Rahmat, dirinya bersama adik membawa tongkat baseball dan mencari pelaku. Mereka pun mengaku bahwa beberapa tetangga mendengar suara berisik di genting seperti orang jalan.

Tanpa basa-basi Rahmat bersama sang adik keliling toko namun tak melihat sosok orang mencurigakan. Karena tak menemukan pelaku, mereka lantas menghubungi petugas Polsek Gubeng. Tak berselang lama, petugas pun datang.

“Kami sampaikan ke petugas ada jejak kaki dan tangan di beberapa titik. Depan pintu ada jejak kaki naik dan di dalam ada jejak tangan,” paparnya.

Sementara saat ditanya kerugian, Rahmat mengaku hanya kehilangan uang di kasir satu. Diperkirakan ada uang Rp 1 juta yang hilang. Sementara di kasir dua yang sudah dirusak pelaku, ternyata uangnya masih utuh.

“Yang rusak ada dua kasir. Tapi uang yang hilang hanya satu kasir yakni uang Rp 1 juta. Lainnya tidak ada yang hilang,” pungkasnya. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar