Hukum & Kriminal

TNI dan Polisi Gresik Gelar Operasi Yustisi di Pasar Hewan

Petugas sedang memasang masker kepada penjual sapi di Pasar Hewan Balongpanggang, Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Jajaran aparat keamanan dari TNI maupun Polri terus menggelar operasi yustisi terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro (PPKM) dan Pengawasan Protokol Kesehatan, atau Prokes guna mengendalikan penyebaran virus Covid-19.

Terkait dengan itu, aparat dari Koramil 0817/Balongpanggang dan Polsek Balongpanggang, Gresik serta Dinas Satpol PP setempat melakukan Operasi Yustisi di Pasar Hewan Surojenggolo yang terletak di Desa Kedungpring Kecamatan Balongpanggang, Selasa (23/02/2021).

Alasannya dipilihnya pasar hewan tersebut, karena sesuai jadwal hari ini ramai ada transaksi jual beli. Dalam kesempatan itu, petugas gabungan memberikan himbauan kepada penjual maupun pengunjung pasar hewan untuk mematuhi Prokes.

Himbauan ini diberikan supaya pengunjung maupun pembeli tetap untuk melaksanakan 5 M. Yakni, memakai Masker, menggunakan masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Operasi Yustisi yang digelar ini dilaksanakan dengan memberikan sanksi sosial kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. Selain itu, aparat gabungan juga membagikan masker secara gratis kepada penjual dan pembeli yang sedang bertransaksi di pasar hewan.

Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus menuturkan, Operasi Yustisi dan Prokes yang digelar kali ini merupakan bentuk kepedulian aparat keamanan ikut serta mengendalikan penyebaran Covid-19. “Kami memang menggelar di pasar hewan mengingat hari Selasa merupakan jadwal adanya transaksi jual beli,” tuturnya.

Kegiatan Operasi Yustisi ini lanjut dia, bukan pertama kalinya. Sebab, sebelum PPKM Mikro dilakukan pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) juga melakukan hal yang sama. “Harapannya adanya kegiatan ini penyebaran virus Covid-19 khususnya di Kecamatan Balongpanggang, Gresik bisa diminimalisir,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar