Hukum & Kriminal

TNI AL Buka Rumah Sakit Darurat, Sediakan 800 Bed untuk Pasien Covid 19

Surabaya (beritajatim.com) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Koarmada II membangun Rumah Sakit Lapangan Terpusat Karang Pucung. Rumah sakit ini akan digunakan untuk penanganan pasien covid 19.

Rumah sakit yang berada di kawasan pangkalan marinir ini rencananya akan beroprasi dalam satu minggu ke depan. Fasilitas kamar sebanyak 800 bed untuk pasien non anggota, keluarga dan anggota TNI.

Menurut Lasamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P.,M.Tr, Panglima Komando Armada II akan ada prosedur untuk bisa dirawat di rumah sakit milik Angkatan Laut ini. Semua pasien sebelum isolasi harus melakukan pemeriksaan dahulu dari RSAL dr Ramelan Surabaya.

“Jadi semua pasien harus ke RSAL dr Ramelan dulu nanti akan dilakukan triase dimana personil yang terpapar akan dipisah bagaimana kondisi pasien level skala ringan, sedang dan berat nah untuk yang kondisinya ringan akan di bawaa ke rumah sakit Karang Pucung,” ungkap Panglima Komando Armada II di lokasi vaksin massal di Lapangan Thor, Jumat (30/7/2021).

Sementara untuk tenaga kesehatan yang akan berada di rumah sakit lapangan terpusat ini akan diambil dari RSAL Dr Ramelan atau nantinya akan mengambil tenaga kesehatan dari luar.

“Fasilitas kita lengkap, dan nantinya tenaga medis kita dari RSAL dr Ramelan atau nanti jika ada tenaga luar yang berkompenten bisa diperbantukan,”imbuhnya.

Lebih lanjut penambahan tempat perawatan ini untuk memaksimalkan layanan kesehatan bagi pasien terpapar Covid-19. Sesuai arahan KSAL, kata dia, sudah tidak boleh lagi ada pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena tidak bisa terawasi dengan baik. Sehingga, dengan adanya tempat ini dapat mempercepat kesembuhan pasien dan menekan angka kematian. [way/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar