Hukum & Kriminal

TMMD di Kabupaten Sidoarjo Berhasil Selesaikan 7 Proyek Pembangunan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pelaksanaan program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) di Kabupaten Sidoarjo telah selesai. Program yang dimulai tanggal 22 September di Desa Kedungkembar Kecamatan Prambon berakhir hari ini, Rabu (21/10/2020).

Penutupan TMMD ke-109 tahun 2020 dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa. Penutupan ditandai dengan penyerahan berita acara penyerahan proyek TMMD ke 109 tahun 2020 oleh Dandim 0816 Sidoarjo M. Iswan Nusi kepada Pj. Bupati Sidoarjo Dr. Hudiyono M.Si.

Hadir dalam penutupan ini, Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo, Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman serta Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji, Kepala Pengadilan Negeri Sidoarjo Moh. Muchlis dan Sekda Sidoarjo Achmad Zaini dan beberapa Kepala OPD Kab. Sidoarjo.

Dalam berita acara penyerahan proyek TMMD terdapat 7 jenis proyek yang selesai dilaksanakan. Antara lain proyek pembangunan penyangga jalan Desa Jati Alun-alun, proyek pembangunan penyangga jalan Desa Cangkringturi, proyek pembangunan penyangga jalan simpang, normalisasi kali avoer Kajartengguli RW 3, pembangunan plengsengan sirip jembatan simpang serta pembangunan pagar SDN 4 Kedungkembar dan pemasangan lampu PJU 50 titik.

Program TMMD kali ini tidak hanya berhasil menyelesaikan sasaran fisik. Sasaran non fisik juga telah dilaksanakan dalam program TMMD tahun ini. Seperti pelaksanaan rapid tes, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, pelatihan pembudidayaan ikan, screning mata katarak dan operasi mata, donor darah, pembagian masker maupun sosialisasi Germas.

Selain itu juga terdapat sasaran over prestasi seperti rehap gedung TK Desa Kedung Kembar dan rehap 1 unit Rumah Tidak Layak Huni/RTLH rumah bapak Kusnen Desa Kedung Kembar Prambon.

Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo yang hadir mengatakan kegiatan TMMD sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ia meminta program seperti ini dapat terus dilanjutkan.

Bahkan perlu ditingkatkan agar masyarakat nantinya dapat lebih sejahtera. “Saya minta hasil pembangunan yang telah dilaksanakan harus dapat dipelihara secara baik,” katanya.

Lanjut Brigjen TNI Herman, anggotanya dapat dilibatkan dalam program pembangunan lainnya selain program TMMD. Selain bertujuan untuk membantu program pemerintah daerah, juga untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat.

Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono menjelaskan, kegiatan ini mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Masyarakat banyak terlibat dalam program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah. “Dampak kegiatan seperti ini sangat luar biasa. Pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa semakin meningkat,” terang Hudiyono.

Dirinya berjanji program TMMD di Kabupaten Sidoarko akan terus dilanjutkan. Pasalnya model program pembangunan seperti ini tepat sasaran.

Manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat. Pj. Bupati berharap nantinya masyarakat dapat mengembangkan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan 1 unit motor roda tiga dan 1 unit mesin pencacah sampah. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar