Hukum & Kriminal

Tipu Pacar Nyaru Sebagai TNI, Yudha Dihukum 18 Bulan

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjatuhkan hukuman 18 bulan pada Yudha Setiawan, Selasa (14/12/2020). Terdakwa dinyatakan bersalah lantaran menipu sang pacar hingga mengalami kerugian Rp 28 juta.

Modus Terdakwa untuk mengelabuhi korban adalah dengan menyaru sebegai TNI AD. “Menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan penjara,” kata hakim di ruang sidang Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (14/12/2020).

Atas putusan tersebut terdakwa langsung menyatakan terima. “Terima pak hakim,” kata terdakwa saat menjalani sidang online. Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fadhil dari Kejaksaan Tanjung Perak yang sebelumnya menuntut pidana penjara dua tahun.

Dalam persidangan sebelumnya, korban Noerika, warga Kenjeran, Surabaya, mengaku mengenal terdakwa dari aplikasi biro jodoh Tinder, dan mengaku sebagai anggota TNI. Karena tertarik dengan korban yang saat itu memakai seragam TNI, akhirnya mereka berpacaran. Tak berapa lama kemudian, terdakwa meminjam sejumlah uang kepada dengan total Rp28 juta, dengan alasan untuk menyelesaikan persoalan di kesatuan dinasnya.

Akan tetapi, saat ditagih oleh korban, terdakwa tidak dapat mengembalikan uang korban. Akhirnya korbanpun melaporkan terdakwa ke pihak kepolisian karena merasa ditipu. [uci/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar