Hukum & Kriminal

Tim Cyber Buru Pelaku Hoaks yang Timpa Kasdim 0817 Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Tim cyber Polres Gresik memburu pelaku kasus hoaks (hoax) yang menimpa Kasdim 0817 Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi yang diisukan meninggal dunia usai divaksin sinovac.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan, ada dua tim cyber memburu pelaku penyebar hoax tersebut. Hingga saat ini pihaknya masih melakukan digital forensik, menelusuri asal usul sumber pertama informasi yang dibuat.

“Belum ada yang kami periksa atau panggil. Sebab, saat ini tim cyber masih fokus pada patroli dunia maya untuk memutus sebaran informasi palsu tersebut. Termasuk, memburu pelaku penyebar hoax yang terlanjur marak beredar di berbagai medsos,” tuturnya, Selasa (19/01/2021).

Ia menambahkan, terkait dengan kasus ini. Tim di lapangan dan tim cyber polres juga dibantu oleh tim cyber Polda Jatim karena hal ini menjadi atensi khusus.

Arief menyebut bahwa kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan. Meski demikian, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk ikut membantu memberikan informasi. Baik yang mengetahui atau bahkan yang pernah ikut menyebarkan berita bohong tersebut.

“Kami akan menindak tegas karena atas ulahnya membuat masyarakat resah. Sangat berbahaya, berita hoax ini berhubungan dengan vaksinasi. Salah satu upaya yang diharapkan mampu menangani Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Seperti diberitakan kasus berita hoax ini membuat pihak Kodam V/Brawijaya angkat bicara. Bahkan, untuk meyakinkan masyarakat, Kasdim 0817 Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi sudah menyampaikan langsung kondisi badannya yang terlihat bugar, dan tetap bertugas sebagai prajurit TNI pasca dirinya divaksin sinovac. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar