Hukum & Kriminal

Tilep Uang Ratusan Juta, Polsek Pakis Ringkus Sales Obat

Malang (beritajatim.com) – Unit Reskrim Polsek Pakis meringkus seorang sales obat yang menilep uang perusahaan hingga ratusan juta rupiah. Pelaku atas nama Dhanang Agung Satyapraja (43), warga Jalan Ciliwung, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Dia dijerat pasal tentang tindak pidana penggelapan yang dilakukan oleh orang karena pekerjaanya atau karena jabatan dan atau penipuan sebagaimana Pasal 374 Jo.378 Jo.372 Jo.64 KUHP.

“Waktu kejadian sekitar Pebruari hingga Mei 2018. Baru diketahui pada 2 Juni 2018. Untuk korban sekaligus tempat kejadianya yakni di PT.Kinarya Jaya Abadi di Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang,” ungkap Kapolsek Pakis Iptu Sutiyo SH.MHum, Kamis (8/8/2019) malam.

Menurut Sutiyo, tersangka adalah sales obat di PT.Kinarya Jaya Abadi. Adapun barang bukti yang disita, berupa 1 bendel data Audit Keuangan tanggal 2 Juni 2018. Lalu 50 lembar Faktur Penjualan untuk 15 apotik. Setelah itu, 45 lembar Faktur Fiktif untuk 16 apotik. Surat keterangan status karyawan. Lalu 20 lembar surat pernyataan konfirm dari apotik, berita acara audit dan data kerugian. Serta HO, SIUP dan Ijin Pendirian Perusahaan.

“Kronologis kejadianya, pada Sabtu  2 Juni 2018, setelah dilakukan audit keuangan di PT.Kinarya Jaya Abadi yang bergerak di bidang distribusi obat, baru diketahui telah terjadi tindak pidana penggelapan oleh tersangka,” beber Sutiyo, mantan Kanit Tipikor Polres Malang ini.

Sutiyo melanjutkan, tersangka melakukan penggelapan sejak Februari hingga Mei 2018 dengan cara menggunakan uang tagihan pembayaran dari apotik. “Pelaku juga memanipulasi faktur fiktif, kemudian menggunakan uang hasil penjualan secara pribadi tanpa izin perusahaan,” tegasnya.

Akibat perbuatanya, tambah Sutiyo, perusahaan tempat pelaku bekerja mengalami kerugian hingga mencapai Rp.183.765.073. [yog/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar