Hukum & Kriminal

Tilap Uang Setoran Anggota Rp 350 Juta, Karyawan Koperasi di Kediri Dibui

Pelaku Penggelapan Uang karyawan. Foto (ist)

Kediri (beritajatim.com) – Abdul Azis, warga Jalan Letjend Suprapto, Nganjuk ditangkap petugas dari Unit Reskrim Polsek Ngadiluwih. Pemuda 23 tahun tersebut melakukan penggelapan uang milik perusahaan tempatnya bekerja.

Kapolsek Ngadiluwih, AKP Shokhib Dimyati mengatakan, penangkapan tersangka bermula dari laporan Koperasi Simpan Pinjam Perbankan (KSPP) Syariah TAM Cabang Kediri.  Bahwa, salah satu karyawannya melakukan penggelapan uang setoran anggota.

Modus operandi tersangka menggelapkan dana koperasi dengan mengajukan nasabah fiktif dan menilap uang setoran anggota. Tak tanggung-tanggung, jumlah uang yang digelapkan tersangka sebagai karyawan pencairan pinjaman dan penarikan angsuran mencapai Rp 350 juta.

“Pelaku nekat menggelapkan uang perusahaanya sendiri karena untuk menutup tunggakan milik kakaknya yang terjerat kasus serupa. Selain itu, tersangka memakai uang hasil penggelapan untuk kebutuhan pribadinya sendiri,” kata AKP Shokhib, Rabu (14/8/2019).

Akibat perbuatannya, tersangka diancam pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan. Pihak kepolisian mengimbau tersangka bisa menyesali perbuatannya dan tidak akan mengulangi di kemudian hari. [nng/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar