Hukum & Kriminal

Tilap Ranmor Teman, Pria di Kediri Meringkuk di Penjara

Kediri (beritajatim.com) – Seorang pria di Kabupaten Kediri diringkus polisi, setelah meminjam sepeda motor temannya namun tidak kunjung dikembalikan. Dia dilaporkan sebagai pelaku penipuan dan penggelapan (tilap).

Pelaku bernama Ahmad Rifan (35) warga Desa Puhsarang, Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Turut diamankan, satu unit sepeda motor jenis Yamaha Mio milik korban.

Kapolsek Semen, AKP Siswandi mengatakan, penangkapan Rifan bermula dari laporan DA (34) warga Desa Puhsarang yang merasa telah ditipu oleh pelaku. Korban meminjami sepeda motor miliknya tetapi tidak dikembalikan.

Kejadian tersebut bermula, pada Selasa 29 Desember 2020 lalu. Sekitar pukul 09.00 WIB, pelaku mendatangi rumah korban. Pelaku bermksud untuk meminjam sepeda motor.

“Rifan yang datang seorang diri itu datang ke rumah DA dengan maksud meminjam sepeda motor,” kata AKP Siswandi.

Tanpa pikiran negatif, korban kemudian meminjami sepeda motornya Yamaha Mio GT, Nomor Polisi (nopol) AG 5196 BX, warna cat putih. Pelaku pun kemudian bergegas pergi.

Lama ditunggu, pelaku tidak kunjung mengembalikan sepeda motor tersebut. Korban pun berusaha untuk menghubunginya. Tetapi, pelaku tidak ada kabar.

Merasa telah ditipu dan barang miliknya digelapkan, akhirnya korban menempuh jalur hukum. DA melaporkan kejadian tersebut kepada personel Polsek Semen pada Sabtu (6/2/2021).

Sementara itu, setelah menerima laporan dari korban, petugas Polsek Semen bergerak cepat. Petugas akhirnya berhasil meringkus pelaku dan menemukan barang bukti sepeda motor.

Karena tindakannya tersebut, Rifan dijerat dengan Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang Penipuan dan atau Penggelapan. Saat ini, Rifan berada di ruang tahanan Kantor Polsek Semen untuk proses hukum lebih lanjut. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar