Hukum & Kriminal

Tiga Saksi Ahli Pidana Berikan Keterangan Dalam Perkara Gus Nur

Surabaya (beritajatim.com) – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Novan Arianto dari Kejati Jatim mendatangkan tiga ahli guna memberikan keterangan dalam kasus pidana pencemaran nama baik dan penghinaan yang diduga dilakukan terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur, Kamis (18/7/2019).

Saksi ahli pertama yang memberikan keterangan adalah ahli Pidana dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Bambang Suheryadi. Sedangkan Dendy Eka Puspawandi, Ahli ITE dari Kominfo Jatim dan Ahli Bahasa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Andik Yulianto diminta untuk menunggu giliran diluar ruang sidang.

Sebelum memberikan pendapat terkait keahliannya, tiga saksi ahli tersebut diambil sumpah berdasarkan agama dan keyakinannya. Untuk diketahui, Gus Nur diadili terkait video vlog berjudul ‘Generasi Muda NU Pengkhianat’ yang tersebar digrup whatsapp PWNU Jatim.

Dalam video vlog berjudul berurasi 1 menit 26 detik tersebut, Gus Nur dianggap telah menghina dan mencemarkan nama baik NU. Gus Nur mengakui, pembuatan video vlog tersebut tidak ditujukan untuk NU, melainkan ditujukan untuk admin akun facebook generasi muda NU lantaran kekesalannya yang dituding sebagai ustad radikal dan wahabi. [uci/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar