Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Tiga Penipu di Pasuruan Kota Menyamar Jadi Petugas Leasing

Pasuruan (beritajatim.com) – Polres Pasuruan Kota berhasil mengamankan tiga tersangka penipuan dan penggelapan. Ketiga tersangka ini menggelapkan mobil yang disewanya dari rental.

Ketiga tersangka ini bernama M.Zainul Arifin (46), Wahyu Eko Wicaksono (37), Hariyono (41). Pelaku ini mempunyai peran yang berbeda saat melakukan penipuan.

“Tersangka kurang lebih tiga bulan beroperasi meminjam kendaraan dari rental kemudian menggelapkan dan menggadaikan kepada korban-korbannya dengan modus bukti leasing. Sehingga mobil tersebut adalah milik pelaku agar korban percaya dan menyerahkan uang sekitar 25 juta sampai 35 juta per kendaraan dan pada saat jatuh tempo tersangka tidak bisa mengembalikan uang tersebut,” ujar Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman.

Dalam kasus tersebut M.Zainul Arifin merupakan pelaku utama dan otak dari sindikat penipuan. Sedangkan Wahyu sebagai perantara gadai mobil dan Hariyono yang membuat slip pembayaran di ipndomart serta sebagai perantara gadai mobil dan mendapat komisi.

Barang bukti yang berhasil diamankan yakni delapan unit mobil berbagai merk, satu unit handphone dan satu unit komputer. Semua barang bukti berhasil di kumpulkan oleh Polres Pasuruan Kota.

“Total kerugian dari 10 korban kurang lebih 230 juta yang berhasil diamankan ada 8 mobil dan tersangka melakukan aksinya kurang lebih tiga bulan dari juni sampai september di kota dan kabupaten pasuruan,” imbuh Arman. [ada/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar