Hukum & Kriminal

Tiga Jambret Lari Berhamburan, Satu Pelaku Sembunyi di Selokan

Tiga pelaku saat menjalani gelar perkara di Mapolsek Sukolilo, Surabaya, Minggu (17/5/2020). [Foto/Manik Priyo Prabowo]

Surabaya (beritajatim.com) – Sungguh unik tingkah pelaku jambret yang sempat mengecoh petugas Polsek Sukolilo, Surabaya ini. Bagaimana tidak, tiga pelaku yang menggunakan sepeda motor ini menjambret korban dengan alasan meminta rokok saat korban berhenti.

Tak hanya itu, usai meminta rokok, satu dari tiga pelaku ini merampas tas korban. Tentu saja, korban berteriak jambret dan seketika itu ketiga pelaku berhamburan lari berlainan arah. Kanit Reskrim Polsek Sukolilo, Iptu Zainal Abidin menjelaskan, satu dari tiga pelaku lari ke perumahan Kertajaya Indah. Pelaku menghilangkan jejak dengan sembunyi di semak-semak perumahan.

“Awalnya ketiga pelaku ini menjambret di Jalan Kertajaya Indah. Selanjutnya mereka berlarian berbeda arah. Nah, yang satu pelaku lari ke semak-semak dan membuat petugas kehilangan jejak. Sampai akhirnya petugas menyisir semak dan terdengar suara gemericik air. Saat diperiksa menggunakan senter ada wajah mengambang di selokan atau drainase,” jelasnya kepada beritajatim.com, Minggu (17/5/2020).

Usai melakukan penangkapan seorang pelaku bersama warga dan petugas keamanan komplek, petugas menyisir dua pelaku lain yang lari ke arah berlawanan. Malam itu juga petugas berhasil mengamankan kedua pelaku lain di tempat yang tak berbeda jauh.

Kapolsek Sukolilo AKP Subiantana menjelaskan, ketiga pelaku masih amatir. Meski terpojok dikepung warga, pelaku justru lari di semak-semak saja. “Jadi dua ditangkap sembunyi di semak-semak dan satu lagi sembunyi di saluran air. Motor mereka justru ditinggal begitu saja. Ketiganya dijerat pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan,” papar Kapolsek. [man/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar