Hukum & Kriminal

Tes Urine, BNN Temukan Napi Konsumsi Obat Peninggi Badan

Jombang (beritajatim.com) – Sejumlah penghuni LP (Lembaga Pemasyarakatan) klas IIB Jombang menjalani tes urine yang digelar BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Mojokerto, Kamis (21/3/2019). Tes urine tersebut dilakukan secara acak.

Hasilnya, petugas menemukan kandungan ETG (pendeteksi adanya etanol) pada salah satu sampel urine milik penghuni Lapas. Setelah dilakukan klarifikasi, ternyata yang bersangkutan mengkonsumsi obat peninggi badan. Sementara, sampel urine penghuni lainnya tidak ditemukan kandungan yang terindikasi narkoba.

Selain BNN, tes urine tersebut juga melibatkan petugas dari Sat Reskoba Polres Jombang. Begitu memasuki Lapas, sejumlah petugas langsung meminta sejumlah narapida (napi) untuk tes urine. Air seni tersebut disimpan dalam wadah kecil dan diteliti.

“Samel urine kita lakukan secara acak. Ada 12 orang, baik dari petugas maupun penghuni Lapas yang kita tes. Hasilnya, semuanya negatif. Tadi ada satu yang mencurigakan, tapi setelah kita klarifikasi yang bersangkutan mengkonsumsi obat peninggi badan,” kata Kepala BNN Kota Mojokerto AKBP Suharsi.

Suharsi mengatakan, tes urine ini untuk memastikan bahwa seluruh petugas dan narapidana terbebas dari narkoba. Usai tes urine, seluruh petugas Lapas dikumpulkan di aula setempat guna mendapatkan pembinaan. BNN berharap, seluruh petugas ikut membantu terciptanya zero narkoba. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar