Hukum & Kriminal

Terungkap, Inilah Pencuri 149 Tablet Samsung SMPN 1 Semanding Tuban

Kapolres Tuban saat menggelar konferensi pers pengungkapan kasus pencurian sebanyak 149 Tablet Samsung di SMP Negeri 1 Semanding, Tuban.[foto : M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Petugas dari jajaran Polres Tuban berhasil menangkap pelaku kasus pencurian sebanyak 149 unit Tablet Samsung yang merupakan barang milik SMP Negeri 1 Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dengan kerugian ratusan juta yang diketahui hilang sejak pekan lalu.

Dalam kasus pencurian tersebut, petugas kepolisian jajaran Polsek Semanding bersama Sat Reskrim Polres Tuban berhasil mengungkap identitas dari pelaku pencurian Tablet di Lab Komputer SMP Negeri 1, Semanding Tuban itu.

Pelaku diketahui bernama Eko Nugroho Abdiyanto (30), pekerja honorer asal Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Pengungkapan kasus pencurian Tablet yang dilakukan oleh penjaga malam di SMP Negeri 1 Semanding, Tuban itu setelan anggota jajaran Polres Tuban melakukan penyelidikan dengan memeriksa para saksi.

Karena tidak ada kerusakan pada ruang Lab Komputer yang digunakan untuk menyimpan tablet itu, pihak kepolisian melakukan pemeriksaan sidik jari dari para guru dan juga pegawai di sekolah tersebut.

“Setelah penyelidikan akhirnya sudah ditangkap pelaku pencurian Tab di SMP Negeri 1 Semanding Tuban. Tersangka ini adalah penjaga malam di SMPN 1 Semanding, ia mengaku mengambil tablet inventaris tersebut berulang-ulang memanfaatkan saat sekolah tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka,” terang AKBP Darman, Kapolres Tuban saat melakukan konferensi pers pengungkapan kasus itu.

Guna membuktikan aksi pelaku yang telah mencuri Tab di sekolah SMP itu, petugas kepolisian dari Sat Reskrim Polres Tuban juga melakukan pencarian di sejumlah konter yang ada di wilayah Tuban. Dan akhirnya petugas mendapati satu konter HP di Tuban yang ternyata menjual Tablet Samsung Tab A tersebut.

Dari barang bukti yang masih belum terjual itu, petugas meminta keterangan dari pemilik konter dari mana ia mendapatkan barang Tab Samsung tersebut. Namun, ternyata dari keterangan pejaga konter yang menjual Tablet Samsung Galaxi itu bukanlah pelaku pencurian, melainkan temannya yang bernama Faris.

Teman pelaku yang bernama Faris itu telah mengaku diminta oleh Eko Nugroho tersebut menjualkan Tablet itu sebanyak 11 kali di beberapa konter yang ada. Sehingga dari sejumlah keterangan tersebut, petugas akhirnya berhasil mengetahui identitas pelaku pencurian tersebut dan kemudian menangkap pelaku di rumahnya.

“Dari keterangan tersangka, ia mengaku hanya mengambil 20 unit, namun masih kita kembangkan. Dan pencurian itu telah dilakukan 8 kali dalam kurun waktu sejak april hingga Juni 2021. Selanjutnya ia jual dengan harga 800 ribu per unit, ada yang di jual di Kota Tuban ada juga yang dijual diluar Tuban,” papar Kapolres Tuban itu.

Sementara itu, dengan adanya kasus pencurian perangkat inventaris sekolahan berupa Tablet Samsung Galaxi tersebut Kapolres Tuban menghimau kepada para sekolah supaya selalu waspada. Pasalnya, barang-barang elektronik tersebut mempunyai nilai jual.

“Kepada seluruh sekolah yang lain agar lebih hati-hati terutama yang ada laboratorium baik tab maupun komputer karena ini ada nilai jualnya,” pungkasnya.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar