Hukum & Kriminal

Tersangka Penipuan Jual Beli Online Diringkus Polisi

Pamekasan (beritajatim.com) – Polres Pamekasan meringkus seorang pria berinisial AB karena diduga menjadi pelaku kejahatan jual beli online alias Cash On Delevery (COD) jenis handphone (Hp) di wilayah Lawangan Dheje, Kecamatan Pademawu.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari dalam konferensi pers ungkap kasus yang digelar di Gedung Bhayangkara Kompleks Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Sabtu (1/2/2020). “Tersangka kasus penggelapan Hp ini satu orang atas nama AB (inisial),” kata Djoko.

“Modusnya, tersangka seolah-olah mau membeli Hp dengan cara COD di salah satu counter di Pamekasan. Namun setelah tiba di lokasi tujuan, barang pesanan yang dikirimkan dan diserahkan kepada yang bersangkutan langsung dibawa lari,” ungkapnya.

Kapolres menjelaskan, modus yang dilakukan tersangka terbilang jitu. Apalagi ia melakukan pemesanan dengan menyertakan alamat palsu. “Berdasar penyidikan, ternyata rumah yang bersangkutan tidak sesuai dengan alamat lengkap atau alamat sebenarnya,” jelasnya.

Untuk itu, Kapolres mengimbau para pelaku usaha, khususnya usaha counter di wilayah hukum instansi yang dipimpinnya, agar selalu waspada dengan selalu mengantisipasi proses pembelian COD. “COD perlu diantisipasi oleh para counter demi menghindari aksi penipuan seperti ini,” harapnya. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar