Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Tersangka Kasus Pencurian Gantung Diri di Kantor Polisi, IPW: Copot Kapolsek Tambaksari!

Ketua Indonesia Police Watch, Sugeng Teguh Santoso (istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso meminta Kapolrestabes Surabaya untuk mencopot Kapolsek Tambaksari usai peristiwa tewasnya Hari (41) di ruang yang disebut ruang Bhayangkari beberapa waktu lalu.

Dihubungi beritajatim.com, Sugeng mengatakan seharusnya Kapolsek Tambaksari Kompol Ari Bayu Aji dicopot dari jabatannya karena gagal mengawasi anggotanya hingga peristiwa maut tersebut terjadi. “Copot Kapolsek Tambaksari. Karena kelalaiannya mengawasi hingga meninggalnya tersangka di ruang Polsek yang ia pimpin,” ujarnya, Rabu (7/9/2022).

Sugeng menambahkan, peristiwa ini merupakan kelalaian anggota kepolisian yang seharusnya bertanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan tahanan. Untuk itu, ia menuntut agar Polda Jawa Timur menurunkan anggota propam untuk memeriksa kelalaian tersebut.


“Yang berada di bawah kekuasaan kepolisian setidak-tidaknya administratif polisi dan setidak-tidaknya anggota yang diberikan tugas itu harus bertanggungjawab, peristiwa ini satu kelalaian,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, sebenyak 12 anggota Polsek Tambaksari diperiksa Propam Polrestabes Surabaya. Pemeriksa tersebut buntut dari adanya tahanan yang bunuh diri di Mapolsek Tambaksari beberapa hari lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Propam Polrestabes Surabaya, AKBP Mardjoko. Dia membenarkan bahwa 12 anggota termasuk Bintara dan Perwira Polsek Tambaksari sedang menjalani pemeriksaan.

“Saya proses. Meskipun tanpa sengaja. Itu namanya teledor. Karena tidak ada niatan. Tapi tetep namanya teledor, tetep diproses,” ujarnya, Rabu (7/9/2022). [ang/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev