Hukum & Kriminal

Terpidana Kasus P2SEM Buron 10 Tahun Ditangkap di Rumahnya Jember

Jember (beritajatim.com) – Kejaksaan menangkap Ahmad Zamroni, terpidana perkara korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Provinsi Jawa Timur yang sudah buron kurang lebih 10 tahun, Selasa (11/8/2020) kemarin.

Zamroni ditangkap di rumahnya di Dusun Sumberan, Desa Karang Anyar, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Jember Agus Budiarto mengatakan, penangkapan berjalan lancar. “Selama ini kami sudah dapat informasi yang pasti soal keberadaan bersangkutan. Setelah kami cek dan memang benar, akhirnya kami lakukan penangkapan,” katanya, Rabu (12/8/2020).

Zamroni divonis pidana penjara selama enam tahun, denda Rp 50 juta subsider empat bulan penjara, dan membayar uang pengganti Rp 415 juta oleh Pengadilan Negeri Surabaya pada 2010. Dia terbukti melanggar pasal 2 ayat (1), pasal 3 junto pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi junto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Menurut Agus, kejaksaan sudah berupaya untuk mencari Zamroni. “Setelah kami interogasi kemarin, dia mengaku berpindah-pindah. Kami kesulitan melacaknya. Tapi waktu terakhir ini, kami dapat informasi yang pasti keberadaan dia di situ, dan kami lakukan penangkapan,” katanya.

Saat ditangkap, Zamroni sendirian di rumahnya. Dia dibawa ke Kantor Kejaksaan Negeri Jember untuk menjalani proses administrasi dan kemudian dibawa ke Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Jember untuk menjalani pidana badan. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar