Hukum & Kriminal

Penanganan Kasus KTP Elektronik

Ternyata Selama Ini KPK Dibantu FBI

Jakarta (beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui Federal Bureau of Investigation (FBI) Amerika Serikat memiliki andil dalam penanganan kasus dugaan korupsi KTP Elektronik.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, kerja sama antara KPK dan FBI ini terus terjalin karena kedua lembaga tersebut memiliki visi yang sama. Visi yang dimaksud yakni memerangi korupsi secara global dan melaksanakan kerja sama dalam program-program yang relevan untuk mengatasi korupsi.

“Bentuk kerja sama nyata yang telah dilaksanakan antara KPK dan FBI selama ini adalah dalam penanganan kasus EKTP,” kata Febri.

Dia memaparkan, suksesnya KPK membongkar keterlibatan pejabat tinggi negara dalam kasus tersebut tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan Lembaga Antikorupsi Amerika tersebut. Kerjasama dalam penanganan kasus tersebut tidak hanya membantu penyelesaian kasus namun juga menjadi media pembelajaran bagi KPK dalam menangani kasus lintas batas negara yang tentunya lebih kompleks dan menantang.

“KPK merasa sangat terbantu dan sangat menghargai keterlibatan secara langsung pihak FBI dan personelnya dalam penanganan kasus EKTP,” kata Febri. [hen/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar