Hukum & Kriminal

Terkepung, Komplotan Pencuri Alfamart Lempari Polisi

Jember (beritajatim.com) – Komplotan pencuri berusaha membobol swalayan Alfamart di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kepergok polisi dan warga, mereka melawan dan terpaksa dilumpuhkan.

Tiga pembobol swalayan ini berinisial S, F, dan MI. Satu orang lagi berinisial Im menjadi buronan polisi. Mereka mencuri pakaian dalam, rokok, dan kosmetik.

Mereka sudah beroperasi di delapan lokasi. Polisi menyita dua unit mobil dan tujuh sepeda motor sebagai salah satu barang bukti. Kendaraan bermotor ini diduga dibeli dengan uang hasil penjualan barang curian.

“Barang hasil curian dijual di Bali. Tapi yang paling mengerti adalah pelaku yang masuk DPO (Daftar Pencurian Orang),” kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminalitas Polres Jember Ajun Komisaris Frans Dalanta kembaren, Kamis (30/4/2020).

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (28/4/2020). S bertugas mematikan kamera CCTV. Sementara Im bertugas menjebol atap plafon dan membongkar brankas. F berperan sebagai eksekutor dan MI sebagai sopir kendaraan dan mengawasi jalan.

Saat akan ditangkap, pelaku malah melempari petugas polisi bersama warga. “Ada beberapa alat dilemparkan kepada kami saat mereka terkepung,” kata Frans. Warga sendiri antusias membantu polisi. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar