Hukum & Kriminal

Terjunkan 3.000 Personil Untuk Amankan Pilkada Ponorogo

Simulasi huru-hara yang ditampilkan dalam Apel Kesiapan Sispamkota Mantab Praja Semeru 2020 di Alun-Alun Ponorogo(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Setidaknya ada 3.000 personil petugas keamanan diterjunkan untuk mengamankan semua tahapan Pilkda serentak tahun 2020 di Ponorogo. Hal iti diungkapkan oleh Kapolres Ponorogo AKBP Muchammad Nur Azis dalam Apel Kesiapan Sispamkota Mantab Praja Semeru 2020 di Alun-Alun Ponorogo pada hari Jum’at (4/9/2020).

“Pengamanan ini dimulai dari tahapan pendaftaran hingga nanti pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Azis, usai apel. Jumat siang.

Selain personil dari Polres Ponorogo, Kodim 0802, dan satpol pp, Azis menyebut jika pihaknya juga sudah meminta bantuan pengamanan dari Polres tetangga yang daerahnya tidak melaksanakan Pilkada. Yakni Polres Madiun, Polres Madiun Kota dan Polres Magetan. Selain itu juga ada BKO dari Satbrimob Polda Jatim. “Total ada 3.000 personil yang diturunkan untuk pengamanan Pilkada tahun ini. Kami dibantu dari Polres tetangga yang tidak melaksanakan Pilkada,” katanya.

Ribuan personil keamanan ini, rencananya akan di tempatkan di objek vital pada saat Pilkada. Diantaranya di kantor KPUD Ponorogo, Bawaslu Ponorogo, Posko Kemenangan pasangan calon. Selain itu juga akan disebar ke titik-titik yang berpotensi rawan. “Personil keamanan ini akan di tempatkan di KPU, Bawaslu Ponorogo dan teman-teman penting lainnya,” katanya.

Terkait di Ponorogo yang masuk peta kerawanan dalam Pilkada tahun ini, Azis mengaku belum menemukan hal tersebut. Dia menyebut jika sampai saat ini, kondisi kamtibmas amanaman dan kondusif. “Alhamdulillah, kondisi masih aman dan kondusif. Saat ini kami juga mulai patroli siber mengamati pergerakan di media sosial,” pungkasnya.

Dalam apel Kesiapan Sispamkota Mantab Praja Semeru 2020, juga dilakukan simulasi tentang pengamanan pemilu saat terjadi huru-hara. Seperti disimulaaikan ada pendukung calon yang tidak terima dengan hasil pemilu, sampai teror bom yang ada di kantor KPU. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar